Senin, 31 Desember 2018 02:30 WITA

Posisi Tidur Terbaik Adalah Miring ke Kiri, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Posisi Tidur Terbaik Adalah Miring ke Kiri, Ini Alasannya

RAKYATKU.COM - Ada banyak posisi yang umum dilakukan orang ketika mereka tertidur, termasuk tidur menghadap samping, telentang, tengkurap, atau meringkuk seperti bayi dalam kandungan. 

Beberapa dianataranya juga bertahan dalam posisi tersebut sepanjang malam. Sebenarnya ini tidak masalah asalkan tidak bangun dalam kondisi sakit.

Namun, dari semua posisi tidur, ada satu posisi yang disarankan untuk dilakukan dan juga merupakan posisi terbaik, yaitu tidur menghadap ke kiri. Dilansir laman Viva, berikut ulasannya:

1. Memperlancar pencernaan

Makan sebelum tidur hanya akan membuat gendut. Itu adalah kepercayaan banyak orang, meski tidak sepenuhnya benar, karena proses mencerna makanan tetap berlanjut baik dalam kondisi terjaga maupun tidur.

Dan ada alasan bahwa waktu tidur atau camilan tengah malam menjadi masalah bagi Anda. Tubuh masih bekerja selama tidur dan membutuhkan tenaga sepanjang melakukan tugasnya. Ya, proses pencernaan akan terjadi meski dalam kondisi tidur. Jadi Anda bisa membantu organ-organ pencernaan bekerja dengan sedikit usaha yaitu dengan tidur menghadap ke kiri.

Ini karena perut ada di posisi kiri dan ketika berbaring menghadap ke kiri akan membuat makanan melalui usus besar dengan lebih mudah. Itu juga menjaga perut tetap ada di atas pankreas, yang mendukung aliran enzim pencernaan.

2. Memberi jantung waktu istirahat

Loading...

Dari sejak tercipta, jantung terus berdetak tanpa henti untuk menjaga kelangsungan hidup. Tugas besar ini dipengaruhi faktor seperti diet dan kualitas udara sekitar. Jadi tak heran jika penyakit jantung adalah pembunuh pertama orang dewasa di seluruh dunia. Untuk meminimalkan risiko, buat tugas jantung lebih ringan dengan tidur menghadap ke kiri.

Itu akan membiarkan gravitasi membantu jantung mengalirkan darah. Aorta membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, dan bagian kiri adalah awal rutenya. Tidur miring menghadap ke kiri akan membuat jantung bekerja lebih ringan untuk mengalirkan darah.

3. Meredakan nyeri punggung

Tidur dengan posisi tubuh menghadap kiri akan membantu meringankan ketegangan di bagian punggung atau leher saat tidur. Tidur dalam posisi ini akan mengurangi tekanan di tulang belakang. Semakin banyak tekanan di punggung saat tidur, semakin besar usaha otot untuk menjaga semuanya tetap di tempatnya.

Posisi tidur ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, yang mana akan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan ketegangan otot.

4. Penting untuk wanita hamil

Sirkulasi darah pada wanita hamil bekerja untuk dua tubuh. Pekerjaan ini tentu saja memerlukan volume darah besar. Sementara calon bayi terus tumbuh dan memperluas rahim dan memberi tekanan pada tulang ekor dan organ lain. Berbaring dengan posisi menghadap ke kiri akan menjaga sirkulasi darah dan membuatnya mengalir bebas serta membebaskan tulang ekor ibu dari tekanan bayi.

Loading...
Loading...