Minggu, 30 Desember 2018 03:30 WITA

Sering Mimpi Buruk, Anda Mungkin Sedang Sakit

Editor: Eka Nugraha
Sering Mimpi Buruk, Anda Mungkin Sedang Sakit

RAKYATKU.COM --- Mimpi buruk juga bagian dari gambaran mengenai kondisi tubuh Anda. Sering mengalami mimpi buruk bisa jadi menandakan ada masalah pada kesehatan Anda. 

Seperti yang dilansir CNN Indonesia, diperkirakan sekitar 2-8 persen orang dewasa tidak bisa beristirahat karena mimpi mengerikan dan mimpi buruk menyebabkan malapetaka untuk pola tidur mereka. 

Mimpi buruk bisa menjadi indikator masalah kesehatan mental seperti kecemasan, gangguan stres pasca-trauma, dan depresi. 

Namun beberapa teori beranggapan bahwa mimpi buruk bisa mnejadi cara bagi otak untuk mengatasi dan memproses ingatan yang tak menyenangkan. Profesor Jason Ellis mengungkapkan bahwa mimpi adalah latihan pemecahan masalah. 

"Di bawah kerangka itu, kita umumnya melihat mimpi buruk sebagai bagian dari proses mencoba berurusan dengan materi emosional," katanya. 

Loading...

Rata-rata manusia biasanya mengalami setidaknya bermimpi buruk sekali seminggu. Namun semua ceritanya pasti berbeda-beda. 

"Jika seseorang sering mengalami mimpi buruk, maka itu tidak normal dan itu jadi sesuatu yang harus diobati," kata Bill Fish, ahli tidur. 

Neil Greenberg, profesor kesehatan mental di King's College London mengungkapkan bahwa mimpi buruk adalah gejala inti PTSD. Hal ini mungkin terjadi karena peristiwa traumatis sehingga membuat otak seseorang tak mampu memprosesnya.

Loading...
Loading...