Sabtu, 29 Desember 2018 15:08 WITA

Tiba-tiba Menangis Darah, Pria ini Bikin Dokter Garuk-garuk Kepala

Editor: Suriawati
Tiba-tiba Menangis Darah, Pria ini Bikin Dokter Garuk-garuk Kepala

RAKYATKU.COM - Seorang pria telah membingungkan para dokter karena kondisinya yang aneh, di mana dia mengeluarkan air mata darah.

Pria berusia 22 tahun itu pergi ke rumah sakit setelah meneteskan air mata merah dua kali. Tapi tes mengungkapkan tidak ada yang salah dengannya, membuat dokter garuk-garuk kepala.

Kondisi langka pria itu disimpulkan sebagai misteri, dan kasusnya dilaporkan dalam Laporan Kasus BMJ.

Di rumah sakit, pria muda itu menjalani tes ekstensif untuk melihat apa yang mungkin salah dengannya. Namun semuanya tampak normal.

Dia juga tidak menunjukkan tanda-tanda perdarahan atau pembekuan. Dan dokternya mengungkapkan bahwa kapilernya tidak dianggap 'rapuh' dalam tes. 

Para dokter bahkan tidak mengesampingkan penyakit genetik, seperti penyakit von Willerbrand, demam berdarah dan leptospirosis. 

Akhirnya mereka memutuskan bahwa hemolacria-nya idiopatik, artinya penyebabnya tidak diketahui. 

Loading...

Menangis darah secara medis dikenal sebagai hemolacria, dan memiliki sejumlah penyebab yang mendasarinya.

"Haemolacria adalah suatu kondisi di mana pasien memiliki air mata berdarah, bukan air mata berair normal," tulis Dr Robert James, dalam Laporan Kasus BMJ. "Ini adalah gejala sejumlah penyakit."

Kondisi pria itu menyumbang sekitar 30 persen dari kasus di mana penyebab menangis darah tidak diketahui. 

"Ini mungkin merupakan indikasi dari tumor di alat lakrimal [kelenjar di belakang mata]," kata Dr James. Konjungtivitis bakteri yang parah atau cedera mata lokal dapat terjadi dengan hemolacria."

Infeksi pada mata, cedera wajah, pembengkakan, tumor di dalam atau di sekitar mata, atau mimisan atau kelainan darah semuanya dapat menghasilkan air mata yang mengandung darah.

Loading...
Loading...