Jumat, 28 Desember 2018 09:56 WITA

Trik Tetap Sehat Saat Liburan Akhir Tahun

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Trik Tetap Sehat Saat Liburan Akhir Tahun
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Liburan akhir tahun menjadi momen yang begitu menyenangkan bagi setiap orang. Durasi liburan akhir tahun yang cukup panjang memberi kesempatan bagi setiap orang untuk melepas penat dari rutinitas sekaligus berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Setiap orang tentu berharap liburan akhir tahun dapat memompa semangat baru ketika kembali mulai beraktivitas di tahun yang baru. Oleh karena itu, jangan sampai agenda selama liburan justru menyebabkan tubuh sakit sehingga berujung pada gagalnya rencana liburan Anda. Cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini agar tubuh Anda semakin sehat selama liburan.

1. Sempatkan berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu melindungi tubuh dari berbagai paparan penyakit selama liburan.Tidak memandang waktu, olahraga tetap harus dilakukan secara rutin, termasuk saat sedang liburan.

Sayangnya, kebanyakan orang melupakan olahraga ketika sedang liburan. Padahal, berolahraga selama liburan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti berjalan kaki antar tempat wisata yang Anda kunjungi.

Bila tempat penginapan Anda menyediakan fasilitas pusat kebugaran atau kolam renang, manfaatkanlah untuk berolahraga. Sebisa mungkin kurangi penggunaan transportasi bila jarak area wisata yang dikunjungi berdekatan. Berjalanlah ke tempat wisata yang Anda kunjungi. Hal tersebut dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda.

2. Konsumsi makanan bergizi

Pastikan makanan yang Anda konsumsi bergizi dan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh Anda. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menyiapkan makanan sendiri atau membawa bekal saat pergi liburan sehingga pola makan lebih terkontrol. Aktivitas memasak saat liburan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Siapkan makanan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan serat yang seimbang.

Jangan sampai aktivitas liburan membuat Anda melewatkan jadwal makan. Pola makan tidak teratur dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya mag. Selain itu, pola makan yang teratur dan bergizi dibutuhkan untuk mengganti energi yang terbuang selama liburan sehingga tubuh Anda tetap bugar. Kemudian, hindari mengonsumsi camilan tidak sehat karena biasanya mengandung gula dan kalori dalam jumlah banyak yang dapat membuat berat badan Anda melonjak.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Loading...

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan Anda dalam sehari. Air dibutuhkan untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Anda dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas dalam sehari.

Anda bisa membawa botol air minum selama perjalanan liburan sehingga dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan cairan harian. Jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari, kebutuhan cairan Anda dapat meningkat. Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan minuman berkafein yang berisiko menyebabkan dehidrasi.

4. Istirahat yang cukup

Tubuh bisa begitu lelah setelah tenaga dikuras oleh aktivitas liburan selama seharian.Untuk mengatasi hal tersebut, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat mengisi kembali energi. Ketika tubuh kurang istirahat, daya tahan tubuh pun berkurang sehingga lebih berisiko terserang berbagai penyakit.

Dilansir Klikdokter, pastikan juga Anda memiliki waktu tidur selama 7-8 jam pada malam hari sebelum bersiap melakukan aktivitas esok harinya. Jika sempat, Anda juga bisa melakukan tidur siang dalam waktu 45 menit.

5. Menjaga kebersihan diri

Selama liburan biasanya Anda bisa pergi ke berbagai tempat umum dan bertemu banyak orang. Keadaan tersebut membuat Anda lebih rentan terpapar kuman. Oleh karena itu, Anda harus lebih menjaga kebersihan diri. Selain mandi dua kali sehari, usahakan Anda lebih rajin mencuci tangan dengan sabun. Hal ini perlu dilakukan karena tangan merupakan media penularan berbagai penyakit, misalnya diare atau infeksi saluran pernapasan atas.

Cuci tangan dapat dilakukan pada saat sebelum dan sesudah makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, dan setelah menyentuh benda yang kotor. Bila perlu, Anda menyiapkan cairan antiseptik untuk mengantipasi jika tidak air bersih tidak tersedia.
 

Loading...
Loading...