Kamis, 27 Desember 2018 16:53 WITA

Alat Tidak Steril, Ribuan Pasien Klinik ini Ditakutkan Terjangkit HIV

Editor: Suriawati
Alat Tidak Steril, Ribuan Pasien Klinik ini Ditakutkan Terjangkit HIV
INT

RAKYATKU.COM - Baru-baru ini, seorang wanita hamil di India dilaporkan terjangkit HIV setelah menjalani transfusi darah. Sekarang, kasus yang lebih mengkhawatirkan mungkin terjadi di New Jersey, AS.

Menurut NBC News, lebih dari 3.700 pasien yang menjalani operasi di HealthPlus Surgery Center di New Jersey diyakini telah terpapar dengan HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

Meskipun sampai saat ini belum ada pasien yang melaporkan gejala yang mengkhawatirkan, namun Departemen Kesehatan New Jersey telah menyarankan semua pasien yang mengunjungi klinik antara Januari 2018 hingga 7 September 2018 untuk diuji.

Jadi bagaimana hal seperti ini bisa terjadi pada tahun 2018? Menurut laporan, anggota staf di pusat operasi tidak mengikuti pedoman medis yang tepat dalam menjaga instrumen bersih dan steril.

Sampai titik ini, HealthPlus Surgery Center mengungkapkan bahwa "injeksi obat-obatan mungkin telah membuat pasien terpapar patogen yang ditularkan melalui darah."

loading...

Pusat operasi itu juga menambahkan bahwa staf "gagal mematuhi peraturan lain mengenai pengeluaran dan penyimpanan obat, serta perencanaan dan prosedur pengendalian infeksi."

Alasan spesifik mengapa perilaku yang tidak dapat dimaafkan itu berlangsung begitu lama, masih belum jelas.

Juga tidak jelas apa yang mendorong Departemen Kesehatan New Jersey untuk menyelidiki klinik tersebut.

Tags
Loading...
Loading...