Kamis, 27 Desember 2018 06:30 WITA

Inilah Penyebab Urine Berbusa 

Editor: Eka Nugraha
Inilah Penyebab Urine Berbusa 

RAKYATKU.COM -- Suatu hari Anda melihat urine Anda yang berbusa. Jika busanya terlalu banyak, bau urine juga terlalu kuat. 

Jangan cemas dulu. Meski urine adalah salah satu indikator kesehatan tubuh kita, tidak selamanya urine yang berbusa menandakan Anda sedang sakit. Dikutip dari Merdeka.com, berikut ini beberapa penyebab air seni mengeluarkan busa:

1. Aliran Air Seni yang Keluar Sangat Cepat
Derasnya air seni yang dikeluarkan akan mempengaruhi seberapa banyak busa yang ditimbulkan. "Beberapa busa yang muncul di urine ini normal dan dapat dipengaruhi oleh seberapa cepat aliran kencing dan seberapa jauh perjalanan urine ini sebelum keluar di toilet," ujar dr Yankov Liss, Nephroligis di CareMount Medical, New York.

2. Kinerja Ginjal yang Tidak Optimal
Kinerja ginjal yang sedang bermasalah juga dapat diketahui dari warna air seni dan juga busa yang dihasilkan. Air seni yang berbusa bisa menjadi indikator seseorang mengalami kelebihan protein yang tidak mampu disaring oleh ginjal.

3. Dehidrasi
Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi juga dapat menjadi faktor munculnya busa pada air seni ketika dikeluarkan. Untuk mengurangi kadar busa, sebaiknya kamu membiasakan minum air putih yang cukup.

4. Diabetes atau Hipertensi
Selain kelebihan protein, pengidap penyakit dan hipertensi juga biasanya air seninya berbusa, karena dua penyakit ini dapat mempengaruhi aliran darah ke ginjal sehingga menghambat kinerjanya.

Loading...

5. Infeksi Kronis
Infeksi kronis seperti HIV atau hepatitis akan berdampak pada meningkatnya kadar protein di dalam tubuh. Dengan meningkatnya kadar protein tentu akan berpengaruh secara langsung menyerang filter ginjal. Infeksi lainnya juga bisa menyebabkan ginjal mengalami pembengkakan.

6. Kebiasaan Menggunakan Obat Pereda Nyeri
Kebiasaan mengunakan obat pereda sakit juga akan membuat air seni berbusa lebih banyak dibanding biasanya, karena kadar protein meningkat.

7. Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun ini membuat penderitanya mudah sakit. Karena dapat meningkatkan tekanan dan tegangan pada ginjal.

8. Kanker Darah
Penambahan jumlah protein juga dapat ditimbulkan dari kanker darah yang bisa mengakibatkan air seni mengeluarkan busa lebih berbuih.

(Sumber: dreams.id)

Loading...
Loading...