Minggu, 23 Desember 2018 23:31 WITA

Dampak Buruk Insomnia dan Cara Mengatasinya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dampak Buruk Insomnia dan Cara Mengatasinya

RAKYATKU.COM - Kalau Anda bisa tidur dengan nyenyak setiap malam, berbahagialah. Pasalnya ada banyak sekali masyarakat yang mengalami gangguan susah tidur. Tubuh mereka mungkin sudah lelah dan kantuk muncul, tapi untuk bisa tidur sangat susah. 

Kkondisi insomnia ini bisa menimpa siapa saja mulai yang masih muda hingga yang sudah tua. Gangguan tidur ini menyebabkan banyak efek buruk untuk tubuh dan menurunkan produktivitas. Berikut dampak selengkapnya dari insomnia dan cara alami untuk mengatasinya.

Dampak dari insomnia yang berkelanjutan

Dampak dari insomnia ada banyak dan cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang akan muncul dan wajib diwaspadai oleh semua orang. Berikut beberapa hal yang bisa Anda alami.

  • Mengalami micro sleeping. Kondisi ini muncul saat tubuh sudah mulai kelelahan. Anda bisa mendadak mengalami tidur selama beberapa detik. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi kalau Anda mengalami micro sleeping saat berkendara. Kemungkinan terjadi kecelakaan akan besar.
  • Memicu masalah kesehatan yang cukup serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, gangguan detak jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga stroke.
  • Mematikan libido dan kemampuan seksual. Saat seseorang jarang sekali tidur, energinya akan menjadi rendah sehingga seks pun terasa sangat menyulitkan. Kalau Anda sering mengalami gangguan seks ada baiknya untuk segera memperbaiki kualitas tidur.
  • Mengalami depresi yang cukup berat. Terus mengantuk dan lemas setiap hari akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi kalau sampai pekerjaan yang dilakukan mengalami penurunan. Masalah baru di kantor akan muncul kembali dan menyebabkan masalah yang jauh lebih serius.
  • Sering mengantuk dan kurang tidur akan menyebabkan daya ingat anjlok dengan cukup signifikan. Kemungkinan Anda menjadi seorang pelupa akan besar.
  • Menyebabkan Anda mengalami penuaan dini. Kondisi kurang tidur akan menyebabkan hormon pertumbuhan tidak bisa berjalan dengan maksimal dan tubuh jadi sering mengalami stres,
  • Menurunkan ekspektasi angka kemungkinan hidup dari seseorang. Dari penelitian yang dilakukan, insomnia bisa menyebabkan angka kemungkinan hidup anjlok 12 persen. Selain itu, kalau seseorang mengalami insomnia secara kontinu setiap hari kemungkinan mengalami kematian bisa naik hingga 97 persen.

Cara mengatasi insomnia secara alami

Insomnia memang menyusahkan dan membuat siapa saja jadi mudah sakit. Meski demikian, kalau Anda melakukan beberapa hal di bawah ini, insomnia bisa segera diatasi.

1. Mendapatkan sinar matahari pagi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh kita semua adalah tidak menikmati sinar matahari setiap pagi. Padahal dengan menikmati sinar matahari selama 5-10 menit, tubuh akan mendapatkan banyak manfaat yang salah satunya adalah mengatur kembali jam biologis yang kacau.

Dilansir Doktersehat, dengan berdiam diri di bawah sinar matahari, jam biologis akan diperbaiki sehingga Anda bisa tidur pada pukul 21.00-22.00 setiap harinya. Berjemur juga baik untuk daya tahan tubuh dan juga meningkatkan jumlah vitamin D yang ada di dalam tubuh.

2. Rutin melakukan olahraga

Apabila Anda jarang sekali melakukan olahraga saat pagi atau sore hari, ada baiknya untuk memulainya kembali. Dengan melakukan olahraga, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat serta peredaran darah yang lancar. Dengan kondisi ini, tidur akan mudah terjadi karena tubuh yang lelah akan membutuhkan waktu beristirahat.

Kalau Anda baru melakukan olahraga lagi setelah beberapa tahun tidak melakukannya, coba lakukan lari atau jogging singkat saja. Selanjutnya kalau ingin melakukan olahraga di gym, sebisa mungkin untuk tidak memilih alat-alat manual dan menggunakan beban yang terlalu berat.

Loading...

3.Hindari tidur siang atau tidur kilat

Tidur siang atau napping yang dilakukan di waktu-waktu tertentu menyebabkan Anda jadi terjaga saat malam. Kalau ingin beristirahat saat siang, tidak perlu sampai tidur. Dengan melakukannya, Anda tidak akan mengalami insomnia. Jatah tidur di malam hari akan tetap ada sehingga begitu memasuki pukul 21.00, rasa kantuk akan muncul dengan mudah.

4. Tidak makan terlalu banyak saat malam hari

Makan terlalu banyak saat malam hari mendekati jam tidur akan membuat Anda jadi begah. Kalau perut begah, kemungkinan bisa melakukan tidur sangat rendah. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak makan dan tubuh mengalami pencernaan yang lambat.

5. Menjauhi minuman dengan kandungan kafein

Kalau Anda sering tidur hingga larut malam atau bahkan dini hari, sebisa mungkin jauhi minuman yang mengandung kafein. Kalau biasanya tidur pukul 23.00, setelah pukul 19.00 jangan minum kopi atau sejenisnya yang memicu kondisi kantuk tidak muncul dan tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

6. Menurunkan kondisi stres

Salah satu cara untuk mempercepat rasa kantuk adalah dengan menurunkan kadar stres dari tubuh. Terkadang terkanan yang terlalu kuat membuat seseorang jadi gelisah dan akhirnya tidak bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Oleh karena itu, coba turunkan kondisi stres pada tubuh.

Cara menurunkan stres dari tubuh ada banyak. Anda bisa sesekali melakukan pelesir dan membuang beban, sesekali melakukan sesi curhat dengan pasangan, atau melakukan meditasi untuk membuat pikiran lebih tenang.

7. Melakukan seks atau masturbasi

Beberapa orang yang sering mengalami gangguan tidur biasanya mudah terlelap setelah melakukan seks dan orgasme. Meski cara ini tidak bisa selalu diandalkan, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.
 

Loading...
Loading...