Sabtu, 22 Desember 2018 08:15 WITA

Awas, Jangan Minum Kopi di Jam Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Awas, Jangan Minum Kopi di Jam Ini

RAKYATKU.COM - Minum kopi kini telah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Banyak orang yang bahkan rela membeli kopi dengan harga yang cukup banyak demi memenuhi gaya hidup atau memuaskan diri. 

Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kopi sebagai minuman yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, khususnya jika dikonsumsi dengan berlebihan. Selain itu, sebuah penelitian terbaru juga membuktikan bahwa jika kita mengonsumsi kopi di waktu yang salah, maka dampaknya bisa berbahaya.

Kapankah waktu terburuk untuk minum kopi?

Pakar kesehatan Steven Miller yang berasal dari University of Health Sciences menyebutkan bahwa jika kita terbiasa minum kopi di pukul 08.00 hingga 09.00 pagi, maka efek kesehatannya tidak akan begitu banyak kita dapatkan. Bahkan, kita justru meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Menurut Miller yang merupakan ahli saraf ini, di jam tersebut, kadar hormon kortisol di dalam tubuh sedang sangat tinggi. Hal ini berarti, kita tidak membutuhkan kafein demi menghilangkan kantuk atau membuat tubuh terjaga. 

Jika kita terus minum kopi di jam-jam tersebut, maka kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon kortisol akan terganggu dan kita pun akan selalu membutuhkan kopi untuk melawan rasa kantuk atau membangunkan tubuh. Kita pun akan menjadi kecanduan kopi hanya demi membantu tubuh lebih awas dan berkonsentrasi.

Masalahnya adalah jika kita sampai mengalami kecanduan kopi, maka asupan kafein bisa berlebihan. Padahal, jika sampai kita mengonsumsi kafein dalam jumlah yang terlalu banyak, maka risiko terkena serangan jantung pun meningkat.

Batasan maksimal minum kopi

Miller menyarankan kita untuk membatasi asupan minum kopi maksimal 3 gelas saja dalam sehari. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak mengonsumsinya di waktu pagi sebagaimana disebutkan sebelumnya dan di waktu malam karena dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan tidur.

Bahaya minum kopi berlebihan

Jika kita termasuk dalam orang yang sudah kecanduan minum kopi dan mengonsumsinya hingga lebih dari 3 gelas sehari. Maka kita akan lebih rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan. Dilansir Doktersehat, berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang mengintai.

1. Denyut jantung yang terlalu cepat

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi kopi berlebihan akan menyebabkan denyut jantung lebih cepat atau berdebar-debar.

loading...

2. Insomnia

Tak hanya jika dikonsumsi terlalu larut, minum kopi terlalu banyak ternyata akan memicu gangguan tidur seperti insomnia. Banyak orang yang sengaja meminumnya demi bisa tetap melakukan banyak aktivitas di malam hari. Masalahnya adalah hal ini justru akan memicu masalah kurang tidur yang bisa membahayakan kesehatan.

3. Peningkatan tekanan darah

Pakar kesehatan Charalambos Vlachopoulos, MD menyebut konsumsi kafein dengan berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan pembuluh darah. Hal ini juga akan menyebabkan tekanan darah naik dengan signifikan. Risiko untuk terkena penyakit hipertensi pun meningkat.

4. Gangguan asam lambung

Dampak lain dari kebiasaan mengonsumsi kopi dengan berlebihan adalah meningkatnya risiko terkena masalah asam lambung tinggi. Karena alasan inilah penderita maag dan asam lambung tinggi sebaiknya menghindari minuman ini.

5. Gangguan pencernaan

Jika kita terbiasa minum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong, tak hanya asam lambung yang akan ikut naik. Bisa jadi kita akan mengalami nyeri atau kram perut yang tentu cukup merepotkan.

6. Meningkatkan kolesterol
Sebuah penelitian menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi kopi sebanyak 5 cangkir dalam sehari sudah bisa meningkatkan kadar kolesterol hingga 8 persen. Karena alasan inilah kita sebaiknya memang tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

7. Sakit kepala

Jika kita mengonsumsi kopi terlalu banyak, maka pembuluh darah akan menyempit dan kita pun akan lebih rentan mengalami sakit kepala.

Loading...
Loading...