Kamis, 20 Desember 2018 08:32 WITA

Penyebab Ruam Pembalut dan Cara Alami Mengatasinya

Editor: Suriawati
Penyebab Ruam Pembalut dan Cara Alami Mengatasinya
INT

RAKYATKU.COM - Pembalut merupakan penolong bagi wanita selama menstruasi. Sayangnya, beberapa wanita cenderung mengalami ruam di daerah kewanitaan mereka saat menggunakannya.

Itu bisa disebabkan oleh wewangian, bahan sintetis dan bahan kimia yang ada di pembalut, yang dapat mengiritasi area sensitif dan area paha bagian dalam.

Penyebab
Salah satu penyebab paling ruam pembalut adalah dermatitis kontak yang berarti bahwa vulva telah bersentuhan dengan sesuatu yang mengiritasi di pembalut Anda. Kondisi ini dikenal sebagai vulvitis.

Pembatut terdiri dari banyak lapisan bahan yang berbeda seperti lembaran belakang, penyerap inti, lembaran atas, perekat, wewangian, dan semuanya dapat mengiritasi kulit Anda.

Selain dermatitis kontak, penyebab lain ruam pembalut adalah lecet dan lembab. Ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam.

Mengganti pembalut secara teratur akan menghindarkan masalah ini, tapi Anda juga dapat mencoba beberapa metode berikut ini untuk mendapatkan bantuan dari ruam:

1. Cuka sari apel
Komponen utama cuka sari apel adalah asam asetat yang mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antimikroba. 
Semua ini memiliki kemampuan untuk mengobati ruam pembalut dan dapat membantu meringankan gatal dan kemerahan pada kulit. Itu juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit.

Bagaimana cara menggunakannya:
Ambil satu sendok makan cuka sari apel dan tambahkan dengan setengah cangkir air. Celupkan bola kapas di dalamnya, lalu oleskan ke seluruh ruam dan biarkan mengering. Lakukan tiga kali sehari.

Loading...

2. Es
Es akan mengurangi rasa sakit dan peradangan di daerah paha bagian dalam. Selain itu, ini akan menenangkan area gatal dan memberi Anda sensasi yang menyenangkan.

Bagaimana cara menggunakannya:
Balut es batu dengan handuk bersih dan letakkan di daerah yang terkena dampak selama beberapa menit. Anda juga bisa merendam kain lap dalam air es dan meletakkannya di area itu selama 10 menit.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa murni murni mengandung sifat antibakteri, antioksidan, analgesik dan antimikroba. Ini membantu dalam menenangkan ruam kulit, membuat kulit tetap lembab dan mencegah ruam pad terjadi lagi.

Bagaimana cara menggunakannya:
Ambil sedikit minyak kelapa di telapak tangan Anda dan gosokkan ke bagian yang terkena ruamh. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan atau Anda bisa membiarkannya selama semalam.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun extra virgin mengandung antioksidan kuat,  anti-inflamasi dan antibakteri. Semua ini membantu dalam penyembuhan dan meremajakan kulit, sehingga membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Bagaimana cara menggunakannya:
Ambil beberapa tetes minyak zaitun extra virgin (EVO) dan campurkan dengan beberapa tetes madu. Oleskan ini pada ruam kulit Anda beberapa kali sehari sampai warna kemerahan berkurang.

Loading...
Loading...