Rabu, 19 Desember 2018 11:17 WITA

7 Bahaya Sabun untuk Wajah yang Tidak Anda Sadari

Editor: Suriawati
7 Bahaya Sabun untuk Wajah yang Tidak Anda Sadari
INT

RAKYATKU.COM - Sebagian besar dari kita pasti menggunakan sabun ketika mandi, terutama pada wajah.

Tapi, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa sabun bisa memberikan efek berbahaya pada kulit, seperti infeksi dan iritasi kulit lainnya.

Jadi mengapa sabun berbahaya bagi kulit wajah? Sabun mengandung zat kimia yang disebut sodium lauryl sulphate, dan wewangian buatan, pengawet, dll. Kulit wajah kita sangat sensitif dan rentan terpengaruh oleh bahan kimia ini dengan cepat.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut dampak buruk sabun untuk wajah:

1. Merusak kulit
Seperti dikatakan sebelumnya, sabun mengandung bahan kimia keras yang bisa berbahaya bagi kulit. Karena kulit di wajah lembut dan sensitif, ada kemungkinan kulit menjadi lebih mudah rusak.

Penggunaan sabun secara teratur juga bisa mengurangi minyak alami kulit sehingga membuatnya kusam dan kering.

2. Menjadikan kulit kering
Asam kaustik dalam sabun dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi di kulit. Ini membuat kulit Anda terlihat tipis dan akhirnya mulai mengelupas. Selain itu, penggunaan sabun juga dapat menyebabkan keriput pada kulit Anda.

3. Mempengaruhi kesehatan kulit
Sering menggunakan sabun batangan akan membersihkan lipid alami pada kulit. Lipid alami ini melindungi kulit dari infeksi. Dengan demikian, hilangnya lipid akan mengundang bakteri dan infeksi virus pada kulit. Ini akan mempengaruhi kekebalan kulit.

Loading...

4. Mengganggu keseimbangan pH kulit
Beberapa sabun mengganggu keseimbangan pH permukaan kulit, sehingga membuatnya lebih basa. Keseimbangan pH kulit sangat penting karena membantu menjauhkan dari bakteri dan segala jenis infeksi.

5. Menyumbat pori-pori kulit
Penggunaan sabun secara teratur dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori di permukaan kulit. Itu karena sebagian besar sabun mengandung lemak yang bisa terakumulasi di pori-pori dan menyumbatnya.

Pada akhirnya hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, infeksi, dll.

6. Menghilangkan vitamin dari kulit
Penggunaan sabun batangan yang berlebihan dapat menghilangkan vitamin D dari kulit yang membantu membuat kulit terlihat segar dan sehat.

7. Menghancurkan bakteri baik kulit
Bakteri ada dua jenis baik dan buruk. Bakteri yang baik adalah yang ada di permukaan kulit yang membantu melawan berbagai infeksi kulit. Tidak adanya bakteri baik juga dapat membawa masalah kulit lainnya seperti jerawat.

Jika sering digunakan pada kulit, sabun akan membunuh semua bakteri baik.

Loading...
Loading...