Minggu, 09 Desember 2018 17:29 WITA

Lebih 9 Juta Orang Mungkin Positif HIV Tapi Tidak Menyadarinya

Editor: Suriawati
Lebih 9 Juta Orang Mungkin Positif HIV Tapi Tidak Menyadarinya
Seorang wanita di Johannesburg, Afrika Selatan, menggunakan kit HIV untuk menguji antibodi.

RAKYATKU.COM - Sekitar 9,4 juta orang kemungkinan positif HIV tapi tidak menyadarinya.

Menurut perkiraan UNAIDS, sekitar 37 juta orang di seluruh dunia menderita HIV. Namun, sekitar seperempat dari orang-orang itu tidak mengetahuinya dirinya terjangkit virus mematikan itu.

UNAIDS memperkirakan angka ini dengan mengumpulkan data tentang tingkat infeksi di suatu negara dan kemudian menerapkannya ke populasi total suatu negara.

Teorinya adalah bahwa orang-orang di daerah terpencil mungkin tidak memiliki akses ke pengujian dan orang lain menghindari pengujian karena stigma.

Peneliti kemudian membuat tebakan untuk populasi yang belum diuji di setiap negara.

"Metode estimasi telah disempurnakan dari waktu ke waktu oleh para peneliti yang berbeda, dan perkiraan tersebut sekarang diterima dengan baik," kata. Chris Beyrer profesor di Public Health di Johns Hopkins University.

loading...

Peneliti mengatakan bahwa banyak orang tidak mengetahui bahwa mereka positif HIV lantaran takut diuji karena berbagai alasan.

Misalnya,ketika sebuah tes menunjukkan positif, subjek mungkin memiliki banyak kekhawatiran, misalanya mereka takut tidak bisa lagi berhubungan seks atau memiliki anak atau mencari pasangan hidup.

Namun seperti yang dikatakan Beyrer, "kami berada di era baru, sungguh, di mana terapi antivirus, perawatan AIDS, begitu baik dan sangat kuat sehingga orang yang hidup dengan virus dapat hidup normal dan juga tidak menularkan ke pasangan atau kepada anak-anak mereka.

Keuntungan jika seseorang diuji adalah, jika benar mereka positif HIV, mereka dapat menggunakan obat-obatan untuk mencegah AIDS.

"Perawatan dan pencegahan melalui pengobatan adalah dua cara utama untuk menghentikan epidemi," kata Beyrer.

Tags
Loading...
Loading...