Minggu, 09 Desember 2018 01:00 WITA

Ini Bagian Tubuh yang Tidak Pernah Tidur

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Bagian Tubuh yang Tidak Pernah Tidur

RAKYATKU.COM - Saat Anda menutup mata dan pergi tidur setiap malam, Anda mungkin juga percaya bahwa semua indra dan bagian tubuh Anda beristirahat dengan tenang. 

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini telah mengendurkan mitos kuno ini dengan mengutip bukti ilmiah.

Para peneliti di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, telah menemukan bahwa ketika Anda tertidur, satu-satunya bagian tubuh yang tetap aktif adalah telinga.

Tidakkah Anda terkadang bangun di pagi hari dengan ingatan samar tentang apa yang Anda rasakan atau dengar saat tidur? Sementara telinga selalu menyala, satu-satunya alasan mengapa Anda tidak ingat apa yang sebenarnya dikatakan mungkin karena otak, yang menolak informasi eksternal yang diterima oleh telinga begitu Anda tertidur.

Para peneliti melakukan penelitian pada anak-anak usia prasekolah saat mereka sedang tidur. "Jenis lingkungan di mana anak-anak tidur telah menjadi topik pembicaraan, terutama dalam beberapa tahun terakhir," kata rekan penulis studi Adrienne Roman dalam siaran pers. 

"Tapi ada lubang besar dalam literatur dan diskusi tentang apa yang terjadi dengan anak-anak usia prasekolah, yang merupakan titik lompatan kita."

Dalam studi tersebut, anak-anak yang sedang tidur disambungkan ke mesin EEG portabel dan kemudian tiga kata acak dimainkan di sekitar mereka. 

Anak-anak lagi-lagi terhubung ke mesin EEG segera setelah mereka bangun dan rangkaian kata-kata lain yang juga termasuk kata acak yang sebelumnya digunakan dimainkan. Otak mereka menunjukkan tanda-tanda positif ketika mereka mendengar kata-kata spesifik tersebut, mengungkapkan mereka mampu mengenali suara tes.

Berbicara tentang penelitian lebih lanjut, Roman berkata, “Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami bagaimana otak anak-anak berkembang dan apakah mereka masih mendaftarkan informasi ketika sedang tidur. Tetapi itu juga informasi yang baik untuk mengetahui kapan Anda mendiskusikan anak-anak yang tertidur — atau orang dewasa — di dalam ruangan: Otak tidur mereka mungkin masih mencatat apa yang Anda katakan. Sekarang bacalah 20 fakta tidak jelas yang tidak pernah Anda ketahui tentang tubuh Anda.”