Minggu, 09 Desember 2018 00:30 WITA

Video Call Bisa Kurangi Depresi Orang Lanjut Usia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Video Call Bisa Kurangi Depresi Orang Lanjut Usia

RAKYATKU.COM - Menggunakan platform chatting video seperti Skype untuk terhubung dengan teman dan keluarga dapat mencegah depresi pada orang lanjut usia.

Peneliti membandingkan empat jenis teknologi komunikasi online; obrolan video, email, jejaring sosial, dan pesan instan yang digunakan oleh orang yang berusia 60 tahun ke atas dan kemudian mengukur gejala depresi mereka berdasarkan tanggapan survei dua tahun kemudian.

"Video obrolan keluar sebagai juara tak terbantahkan," kata Alan Teo, profesor di Oregon Health & Science University di AS.
 
"Orang dewasa yang lebih tua yang menggunakan teknologi video chat seperti Skype memiliki risiko depresi yang jauh lebih rendah," kata Teo, penulis utama studi yang dipublikasikan di American Journal of Geriatric Psychiatry. 
Para peneliti mengidentifikasi 1.424 peserta dari survei 2012 yang menyelesaikan satu set pertanyaan tentang penggunaan teknologi. Para peserta yang sama ini juga menanggapi survei lanjutan dua tahun kemudian yang mengukur, antara lain, gejala depresi.

Mereka yang menggunakan email, pesan instan atau platform media sosial seperti Facebook memiliki tingkat gejala depresi yang hampir sama dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua yang tidak menggunakan teknologi komunikasi apa pun. 

Loading...

Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan fungsi obrolan video seperti Skype dan FaceTime memiliki hampir separuh perkiraan kemungkinan gejala depresi, setelah disesuaikan dengan faktor lain yang dapat mengacaukan hasil, seperti depresi dan tingkat pendidikan yang sudah ada sebelumnya.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan potensial antara penggunaan obrolan video dan pencegahan gejala depresi yang signifikan secara klinis selama dua tahun pada orang dewasa yang lebih tua," kata para peneliti.

Tags
Loading...
Loading...