Sabtu, 08 Desember 2018 04:30 WITA

4 Olahraga Ini Ampuh Tumpas Lemak Perut

Editor: Nur Hidayat Said
4 Olahraga Ini Ampuh Tumpas Lemak Perut
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap orang mengidamkan berat badan ideal, termasuk perut rata. Untuk mendapatkan postur tubuh seperti itu, gaya hidup tentu harus mendukung. 

Selain pola makan, olahraga juga merupakan kunci penting mencegah lemak menumpuk atau membakar lemak di perut. Demi misi penting membasmi lemak di perut, ada jenis olahraga yang bisa Anda coba.

Pada dasarnya lemak di perut adalah salah salah satu contoh lemak visceral yang dibutuhkan tubuh. 

Fungsinya memberikan bantalan untuk organ-organ dalam penting. Namun, jika lemak visceral—termasuk di perut—ini terlalu banyak, maka akan berisiko mengalami tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, hingga kanker.

Karena berbagai risikonya, lemak perut yang membandel harus ditumpas. Tak perlu bayar mahal menjadi anggota di pusat kebugaran, cobalah empat jenis olahraga di bawah ini.

Gerakan memanjat tebing
Mulailah dengan posisi push-up, dengan wajah menghadap ke depan. Lalu secara bergantian, tekuk kaki ke arah dada. Gerakan ini akan melatih otot-otot di perut dan membakar timbunan lemak. Selain bisa bikin perut kencang, gerakan ini juga baik untuk melatih keseimbangan, sekaligus dapat mengencangkan otot di lengan.

Lakukan gerakan ini secara berulang, sebanyak 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik. Begitu seterusnya hingga 4 menit lamanya.

Latihan kettlebell
Merupakan salah satu peralatan olahraga yang populer asal Rusia, kettlebell adalah perangkat latihan beban yang bentuknya seperti peluru meriam yang memiliki pegangan. Kettlebell yang bobotnya bisa bervariasi ini dapat menjadi teman setia bila ingin mengenyahkan timbunan lemak di perut.

Pilih berat bola yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan, lalu simpan di samping meja kantor atau di sisi tempat duduk favorit Anda di ruang keluarga. Saat ada waktu senggang, ambil dan mulailah bergerak.

Caranya, berdirilah dengan posisi tegak. Regangkan kaki sehingga kedua kaki sejajar dengan kedua bahu. Kemudian, tekuk sedikit kedua lulut, tapi upayakan untuk punggung tetap tegak. Pegang kettlebell dengan kedua tangan, posisikan menghadap ke bawah dan berada di antara kedua paha. Ayunkan kettlebell dari bawah hingga lurus ke depan (setinggi bahu). Pastikan punggung dan leher tetap tegak lurus sepanjang gerakan. Melakukan gerakan di atas selama 12 menit, kalori yang dibakar lebih banyak dibandingkan dengan berlari?

Plank
Banyak orang yang mengandalkan plank untuk mengecilkan perut. Meski sederhana tanpa bantuan alat apa pun dan tampak mudah, tapi plank bisa cukup menantang. Anda harus melakukannya dengan benar.

Caranya, posisikan tubuh seperti hendak push-up, dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Kaki harus sejajar dengan pinggul, sedangkan siku harus sejajar bahu. Katupkan kedua tangan Anda, lalu kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh Anda harus sejajar, lurus dari ujung kepala hingga kaki. Tahan posisi tersebut selama 60 detik atau semampunya.

Posisi tersebut tak hanya berguna untuk membentuk perut rata, tapi juga untuk melatih kekuatan otot lain seperti lengan dan paha.

Variasi plank dengan melata
Melata yang dimaksud di sini adalah bergerak dengan menempelkan perut ke tanah. Posisi plank seperti pada poin tiga juga bisa divariasikan dengan gerak melata.

Saat melakukan plank, bergeraklah maju dengan melata menggunakan kedua siku. Ingat, selama bergerak maju, posisi kaki harus lurus dan lutut tidak boleh menyentuh lantai. Lakukanlah sejauh yang Anda mampu dan lemak di perut akan terbakar seiring dengan gerakan maju selangkah demi selangkah.

Sebelum mendaftarkan diri ke pusat kebugaran, coba dulu olahraga sederhana yang disebutkan di atas untuk membasmi lemak di perut. Jika dilakukan dengan semangat, senang, serta konsisten, tak hanya lemak di perut yang berkurang, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan juga ikut terjaga.

Sumber: KlikDokter