Jumat, 07 Desember 2018 02:29 WITA

10 Manfaat Onani untuk Kesehatan Seksualitas Pria

Editor: Adil Patawai Anar
10 Manfaat Onani untuk Kesehatan Seksualitas Pria

RAKYATKU.COM - Selama ini onani atau masturbasi yang dilakukan oleh pria selalu diidentikkan dengan aktivitas yang tidak sehat.

Ternyata, manfaat onani ternyata baik untuk seksualitas pria hingga mencegah penyakit berbahaya. Namun, masturbasi yang berlebihan akan membuat pria alami gangguan seksual. Bila onani dilakukan dengan menondon video pornografi, pria jadi ketagihan dan mengganggu aktivitas harian sehingga menyebabkan pria menjadi mudah lemas.

Terlepas dari segala efek samping yang berbahaya, manfaat onani memberikan dampak baik pada pria. Aktivitas ini bisa memperbaiki kehidupan seksual jika dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan.

Manfaat Onani yang Menyehatkan bagi Kaum Pria
Masturbasi atau onani adalah bagian dari kehidupan seks yang sehat. Penelitian mengungkapkan bahwa banyak manfaat masturbasi untuk kesehatan pria. Selengkapnya, berikut ini manfaat onani pada kesehatan seksual pria, di antaranya:

1. Mengenali alat kelaminnya dengan baik
Dilansir doktersehat.com, Pria cenderung tidak acuh dengan kondisi penisnya. Mereka selalu menganggap jika sudah dibersihkan saat kencing, penis akan sehat. Padahal gangguan pada penis bisa muncul dari mana saja.

Manfaat onani membuat pria mengtahui kondisi aktual dari alat vitalnya. Secara tidak sengaja pria akan memerhatikan penis saat melakukan onani, mereka akan tahu jika ada jamur, kutil, atau gangguan lain yang harus segera diatasi.

2. Bisa tahan lebih lama
Beberapa pria yang sering mengalami ejakulasi dini biasanya melakukan onani untuk mengatasi efeknya. Beberapa jam atau menit sebelum bercinta, mereka kerap melakukan onani sampai klimaks. Jadi, manfaat onani membuat penis bisa tahan lama meski ejakulasi yang dikeluarkan tidak lebih banyak dari yang pertama.

3. Mampu mengontrol diri
Manfaat onani pada pria ternyata dapat mengontrol diri. Mereka akan belajar bagaimana mempertahankan ereksi dan mengurangi tempo agar keluarnya tidak cepat. Ini harus dipelajari pria secara otodidak dengan onani.

4. Memperlebar definisi seks
Selama ini pasangan hanya menganggap seks adalah pertemuan dua alat kelamin. Manfaat onani ternyata bisa membuat pria dapat melebarkan definisi ini dengan menambahkan onani. Mereka bisa mengenalkan aktivitas ini dengan pasangan suami istri agar bisa melakukan mutual masturbation atau masturbasi bersama.

5. Mencegah kanker prostat
Untuk pria, manfaat masturbasi dapat membantu mencegah kanker prostat. Racun terbentuk secara alami di saluran urogenital. Pria yang mengalami ejakulasi lebih dari lima kali per minggu menurunkan kadar racun ini. Ini secara signifikan menurunkan risiko kanker prostat.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Ketika pria mengalami ejakulasi saat masturbasi, sedikit kortisol dilepaskan, yang merupakan hormon stres. Jadi, manfaat onani juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kaum pria.

7. Mengatasi stres
manfaat onani atau masturbasi dapat melepaskan stres dan ketegangan dari tubuh dengan membanjiri sistem dengan endorfin. Endorfin memicu perasaan positif di tubuh dan dapat menyebabkan tidur nyenyak.

8. Mencegah disfungsi ereksi
Sepanjang usia pria secara alami mengalami kehilangan otot bahkan di penis. Cara mengatasinya, melakukan masturbasi atau seks teratur dapat melatih otot-otot dasar panggul dan mencegah disfungsi ereksi dan inkontinensia.

9. Bikin semangat
Manfaat onani dapat melepaskan zat kimia saraf yang baik seperti dopamine dan oksitosin yang membuat Anda tambah semangat, meningkatkan kepuasan, dan mengaktifkan kemampuan otak Anda.

10. Mempererat hubungan suami istri
Manfaat onani selanjutnya dapat meningkatkan hubungan dengan pasangan Anda karena dapat mengenal diri Anda secara fisik.

Masturbasi bersama (masturbasi dengan pasangan suami istri) adalah cara yang benar-benar aman untuk berhubungan seks dan membiarkan pasangan tahu apa yang terasa baik bagi Anda. Jika berbagi mainan seks, gunakan kondom dan bersihkan sebelum bertukar. Jika  menyentuh alat kelamin satu sama lain, cuci tangan sebelum menyentuh alat kelamin Anda.

Tags