Kamis, 06 Desember 2018 16:26 WITA

Peringatan! Tidur Terlalu Banyak Bisa Memperpendek Umur

Editor: Suriawati
Peringatan! Tidur Terlalu Banyak Bisa Memperpendek Umur
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering bangun kesiangan? Atau memiliki tidur lebih dari delapan jam sehari? Jika demikian, itu bisa menjadi masalah.

Menurut sebuah penelitian baru, jumlah jam tidur (termasuk tidur siang hari) terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular dan memperpendek usia

Penelitian ini dilakukan terhadap lebih dari 116.000 orang di tujuh wilayah di dunia.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih lama memiliki peningkatan risiko kematian atau berkembangnya penyakit jantung atau pembuluh darah di otak.

Dibandingkan dengan mereka yang tidur untuk waktu yang disarankan, orang yang tidur hingga 9 jam sehari memiliki 5% peningkatan risiko penyakit dan kematian dini.

Sementara mereka yang tidur antara 9 dan 10 jam sehari memiliki peningkatan risiko 17% dan orang yang tidur 10 jam sehari atau lebih memiliki risiko 41% lebih tinggi.

"Durasi optimal perkiraan tidur adalah 6 hingga 8 jam per hari untuk orang dewasa," kata Chuangshi Wang, seorang mahasiswa PhD di Universitas McMaster di Kanada dan Peking Union Medical College, Akademi Ilmu Kedokteran China.

Namun para peneliti mengingatkan bahwa hasil temuan mereka menunjukkan korelasi, bukan sebab-akibat.

Penelitian ini mengamati 116.632 orang dewasa berusia antara 35 hingga 70 tahun di 21 negara dengan tingkat pendapatan yang berbeda di 7 wilayah geografis (Amerika Utara dan Eropa, Amerika Selatan, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Cina dan Afrika). Mereka adalah bagian dari studi yang dimulai pada tahun 2003.

Selama waktu tindak lanjut, 4.381 orang meninggal dan 4.365 menderita masalah kardiovaskular utama seperti serangan jantung atau stroke. Para peneliti menyesuaikan usia, jenis kelamin, pendidikan, merokok, konsumsi alkohol, gaya hidup dan riwayat kesehatan keluarga mereka.

Temuan ini dipublikasikan di European Heart Journal.

Tags