Rabu, 05 Desember 2018 14:31 WITA

Menderita Kanker, Balita ini Butuh Golongan Darah Langka

Editor: Suriawati
Menderita Kanker, Balita ini Butuh Golongan Darah Langka
Zainab Mughal

RAKYATKU.COM - Seorang gadis berusia 2 tahun yang menderita kanker membutuhkan golongan darah langka.

Zainab Mughal didiagnosis dengan neuroblastoma dua bulan lalu. Dia butuh transfusi darah untuk memungkinkannya menjalani dua transplantasi sumsum tulang.

Susan Forbes, wakil presiden pemasaran dan komunikasi untuk OneBlood mengatakan bahwa sel darah merah Zainab kehilangan antigen umum yang dikenal sebagai Indian-B.

Sayangnya, hampir semua orang memiliki antigen itu, sehingga sulit untuk menemukan donor darah yang sesuai dengan yang dibutuh Zainab.

Menurut Forbes, kurang dari empat persen populasi dunia memiliki golongan darah seperti Zainab.

Yang membuat pencarian lebih sulit adalah karena donor harus memiliki golongan darah "O" atau "A" dan berasal dari 100 persen keturunan India, Iran atau Pakistan.

Menderita Kanker, Balita ini Butuh Golongan Darah LangkaMenurut Abcnews.go.com, lebih dari 1.000 orang keturunan Iran, India atau Pakistan telah menyumbangkan darah untuk diuji.

Kabar baiknya, sejauh ini OneBlood telah menemukan tiga pendonor cocok, berkat bantuan American Rare Donor Program. Ketiganya telah mengirim darah ke daerah Miami, di mana Zainab tinggal.

Tapi Zainab akan membutuhkan lebih dari tujuh pendonor selama perawatannya.

Balita ini sudah menjalani kemoterapi rutin, yang telah membantu tumornya menyusut, tapi dia masih harus menjalani banyak perawatan.

"Hidup putri saya sangat bergantung pada darah," kata ayahnya, Raheel Mughal.