Rabu, 05 Desember 2018 01:30 WITA

Badan Lemas? Lawan dengan 4 Makanan Ini

Editor: Fathul Khair Akmal
Badan Lemas? Lawan dengan 4 Makanan Ini
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Badan lemas adalah kondisi dimana tubuh Anda terasa “tidak bertulang”, sehingga kesulitan untuk sekadar melakukan aktivitas sehari-hari. Keadaan ini dapat terjadi akibat berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga gangguan kesehatan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, berikut adalah beberapa faktor yang berhubungan erat dengan kejadian badan lemas:

Konsumsi makanan tertentu
Mengonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, keduanya dapat membuat Anda semakin lelah serta merasa lemas. Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lain yang ditimbulkan kafein dan gula, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan.

Waktu tidur
Waktu tidur berperan signifikan dalam menentukan kondisi tubuh seseorang. Jika waktu tidur tercukupi alias tidak kurang atau lebih, maka tubuh akan terasa sehat dan bugar. Sebaliknya, apabila waktu tidur kurang atau berlebih, maka salah satu keluhan yang sangat mungkin terjadi adalah badan lemas.

Gangguan kesehatan tertentu
Anemia dan kadar gula darah terlalu rendah (hipoglikemi) atau terlalu tinggi (hiperglikemi) adalah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan keluhan badan lemas. Begitu pula dengan stres dan depresi, yang bahkan bisa membuat penderitanya tidak memiliki semangat untuk menatap esok hari.

Cara atasi badan lemas
Salah satu cara yang terbukti efektif untuk melawan badan lemas adalah dengan mengubah pola makan, dan meningkatkan konsumsi makanan berikut ini:

1. Protein
Protein merupakan zat gizi yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi tersebut dalam jumlah cukup setiap hari, badan lemas sangat mungkin untuk dihindari. Anda bisa mendapatkan protein dari daging merah, telur, ikan, dan susu serta produk olahannya.

2. Buah-buahan
Apel, jeruk, dan pisang adalah beberapa buah yang dapat menjadi sumber vitamin maupun mineral yang sangat baik dalam membantu tubuh menghasilkan energi. Jadi, dengan makan buah dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari, risiko badan lemas dan keluhan lainnya bisa ditekan sekecil-kecilnya.

Jika hendak mengonsumsi buah dalam bentuk jus, pastikan Anda tidak menambahkan campuran lain ke dalamnya. Dan yang paling penting, hindari konsumsi buah-buahan kalengan atau sari buah kemasan, karena mengandung kadar gula yang tinggi.

3. Sayuran
Sayuran mengandung banyak gizi penghasil energi, dan beberapa di antaranya mampu memberi Anda pasokan protein. Konsumsi sayuran, seperti wortel, brokoli, dan bayam dalam jumlah cukup setiap hari disebut mampu mencegah terjadinya badan lemas.

4. Biji-bijian
Biji-bijian adalah sumber karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Ini artinya, oatmeal, gandum utuh, hingga nasi putih dapat menjadi pilihan yang baik untuk lawan badan lemas.

Beberapa serealia sarapan yang mengandung biji-bijian dan dijual bebas di pasaran bahkan ada yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Asupan yang seperti ini sangat baik untuk mencegah badan lemas.

Jangan biarkan badan lemas terjadi, dan menganggu aktivitas atau menurunkan kualitas hidup Anda. Konsumsi makanan di atas pada porsi yang dianjurkan setiap hari, serta ubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Jika dengan demikian badan lemas masih saja terjadi, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.