Selasa, 04 Desember 2018 17:34 WITA

Fakta Gizi dan Manfaat Sukun untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Fakta Gizi dan Manfaat Sukun untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Sukun adalah buah berbentuk bulat, dengan kulit berduri-duri yang mirip dengan buah nangka.

Sukun sebenarnya adalah buah, meskipun orang sering menganggapnya sebagai sayuran, karena itu lebih sering dimasak sebagai hidangan.

Buah ini bisa dikukus, digoreng, atau direbus, dan memiliki tekstur yang empuk.

Dalam hal nutrizi, buah ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, natrium, vitamin C, folat dan vitamin E

Berikut manfaat buah sukun
1. Mengatur tekanan darah
Buah sukun dapat mengendalikan hipertensi dan mengatur tekanan darah. Namun manfaat ini lebih didapatkan dari daunnya, dan telah digunakan sebagai obat tradisional sejak lama.

Loading...

2. Membantu menurunkan berat badan
Makanan seperti buah sukun yang kaya akan serat, telah terbukti membantu orang menurunkan berat badan. Itu karena serat dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan mencegah Anda ngemil di sela waktu makan.

3. Mencegah kanker
Tiga penelitian ilmiah yang terpisah telah menunjukkan potensi sukun dalam pengobatan berbagai jenis kanker. Itu karena phytochemical hadir di dalam sukun, yang mengekang aksi sel kanker.

4. Meningkatkan energi
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, makan 100 g sukun menyediakan tubuh kita dengan 207 kkal energi (jika sukun sudah dipanggang). 

5. Menyembuhkan ketombe
Sukun kaya akan vitamin dan mineral bersama dengan jumlah asam lemak omega-3 dan omega-6, yang secara ilmiah telah terbukti membantu pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekuatannya.

Loading...
Loading...