Selasa, 04 Desember 2018 14:33 WITA

Apakah Punya Otak Besar Membuat Seseorang Lebih Cerdas?

Editor: Suriawati
Apakah Punya Otak Besar Membuat Seseorang Lebih Cerdas?
INT

RAKYATKU.COM - Penelitian telah menemukan bahwa orang yang memiliki otak yang lebih besar, memiliki ingatan, logika, dan reaksi yang lebih baik.

Studi ini dilakukan peneliti dari AS dan Belanda, di mana mereka membandingkan ukuran otak dari scan MRI dengan kinerja kognitif dan prestasi pendidikan.

Ini melibatkan 13.600 orang, dan disebut sebagai studi terbesar yang pernah dilakukan. Para peserta diuji dalam hal logika, memori dan waktu reaksi.

"Rata-rata, seseorang yang memiliki otak yang lebih besar akan cenderung lebih unggul pada tes kognisi daripada orang yang memiliki otak yang lebih kecil," kata peneliti utama, Profesor Gideon Nave, dari University of Pennsylvania.

Peneliti mengatakan bahwa mereka juga menemukan perbedaan substansial mengenai ukuran otak laki-laki dan perempuan tapi itu tidak mempengaruhi kinerja kognitif. 

Loading...

"Sama seperti dengan tinggi badan, ada perbedaan yang cukup besar antara laki-laki dan perempuan dalam volume otak, tapi ini tidak memiliki perbedaan dalam kinerja kognitif," kata Profesor Nave.

Namun, para peneliti menyoroti bahwa meskipun temuan mereka mengungkapkan demikian, perusahaan tidak harus mengukur ukuran kepala calon pekerjaan sebelum mereka diterima bekerja.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Psychological Science.

Loading...
Loading...