Selasa, 04 Desember 2018 11:48 WITA

Hei Pria! Ini 4 Cara Alami Mengatasi Kebotakan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hei Pria! Ini 4 Cara Alami Mengatasi Kebotakan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kebotakan adalah salah satu masalah rambut yang sering terjadi pada pria. Rasanya setiap pria sangat berusaha terhindar dari masalah ini, karena dipercaya bisa membuat penampilan tidak oke. Tapi tenang saja, ada beberapa cara ampuh dan aman yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kebotakan.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kebotakan tidak pandang bulu untuk pria. Baik masih muda atau tua bisa terkena masalah ini.

"Kebotakan yang terjadi pada pria biasanya menyerang bagian depan dan tengah kepala. Selain karena faktor genetik, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hormon androgen yang terdapat dalam tubuh pria. Sebab hormon ini dapat menyebabkan penipisan akar rambut pada bagian depan dan tengah kepala," ujar dr. Reza.

Jika kebotakan diabaikan atau tidak mendapat penanganan yang cepat dan tepat, Anda harus siap dengan konsekuensinya. Dipercaya, kebotakan bisa membuat pria menjadi kurang percaya diri, apalagi jika mengalaminya saat usia muda.

Salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk mengatasi kebotakan adalah dengan obat topikal. Menurut dr. Reza, ini merupakan salah satu jenis terapi yang paling aman. Obat topikal jenis tertentu dioleskan ke bagian kepala yang mengalami kebotakan. Secara perlahan, obat ini akan merangsang tumbuhnya folikel-folikel rambut baru.

Jika Anda mengalami kebotakan, konsultasikan dengan dokter agar akar penyebabnya dapat diketahui. Namun, tak ada salahnya juga menerapkan cara-acara alami berikut untuk membantu pertumbuhan rambut yang sehat:

1. Minyak jojoba

Salah satu obat pencegah kerontokan rambut yang alami dan bagus adalah minyak jojoba. Minyak ini dapat melembapkan folikel rambut di kulit kelapa, sehingga membuat rambut baru Anda sehat dan kuat. Selain itu, minyak jojoba dapat membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat.

Untuk pemakaiannya, teteskan beberapa tetes minyak jojoba di tangan, pijat ke akar rambut, lalu cuci setelah 10-15 menit mengunakan sampo dan kondisioner biasa.

2. Jus bawang

Jus bawang? Tentu Anda akan bertanya-tanya, bagaimana itu bisa mengurangi kebotakan? Membayangkan baunya saja sudah tidak enak. Tapi, berdasarkan beberapa penelitian, ini memang ampuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 dan diterbitkan dalam Journal of Dermatology menemukan bahwa 74% dari mereka yang mengoleskan jus bawang pada kulit kepala mereka, melaporkan pertumbuhan rambut baru. Disebutkan bahwa mengoleskan jus bawang pada kulit kepala sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan bisa sangat membantu.

3. Lidah buaya

Untuk perawatan rambut yang alami, lidah buaya belum ada lawan. Ya, lidah buaya sejak lama dikenal bersahabat untuk berbagai masalah rambut, salah satunya kebotakan. Ada penelitian kecil yang menunjukkan bahwa pertumbuhan rambut menjadi sangat positif setelah mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kepala yang botak, baik pada wanita atau pria.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki sifat pelembap dan dapat meningkatkan sirkulasi darah. Ini adalah dua aspek yang diperlukan untuk rambut yang sehat. Anda disarankan untuk menggunakan lidah buaya segar yang baru saja dipotong, lalu peras dengan lembut dan gosokkan ke area yang mengalami kebotakan.

4. Teh hijau

Terkenal dengan senyawa antioksidannya yang tinggi, teh hijau ternyata dapat membantu mengaktifkan folikel rambut Anda. Ini karena teh hijau mengandung katekin alami dan saponin di dalamnya. Keduanya merupakan polifenol kuat yang dianggap dapat menyingkirkan radikal bebas tepat di bawah permukaan kulit kepala.

Dengan menggunakan kapas, oleskan teh hijau dingin atau ekstrak teh hijau ke daerah kepala yang mengalami kebotakan. Lakukan sebanyak 2 kali sehari selama 6 hingga 12 bulan.