Senin, 03 Desember 2018 02:00 WITA

Ini Waktu Terbaik Berhubungan Intim Agar Tak Hamil

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Waktu Terbaik Berhubungan Intim Agar Tak Hamil
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tidak bisa dipungkiri ada sebagian pasangan suami istri sengaja menunda kehamilan karena ingin fokus pada berbagai hal lain terlebih dahulu. 

Selain itu, menunda kehamilan juga biasanya dilakukan untuk menjaga jarak usia anak yang satu dengan yang lainnya. Lantas, bagaimana cara agar tidak hamil yang bisa diterapkan?

Perlu diketahui cara agar tidak hamil di sini bukan berarti pasangan tidak akan melakukan hubungan intim sama sekali. Cara berhubungan agar tidak hamil yang umum dilakukan pasangan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Berikut adalah cara agar tidak hamil yang bisa dilakukan:

1. Pasca menstruasi

Jika Anda termasuk dalam orang yang tidak ingin memakai alat kontrasepsi saat berhubungan intim, maka Anda harus mengetahui siklus menstruasi pasangan.

Cara agar tidak hamil ini adalah dengan memperhatikan siklus haid. Siklus haid setiap wanita berbeda-beda dari 21 hari hingga 31 hari. Siklus ini diawali dengan hari pertama datang bulan.

Hal ini berarti hari terakhir siklus ini adalah sehari sebelum menstruasi dimulai. Di hari pertama haid inilah dinding rahim luruh dan menyebabkan pendarahan haid. Setelah pendarahan ini berhenti, mulailah masa awal ovulasi. Fase awal ovulasi inilah yang disebut sebagai masa subur wanita sehingga jika Anda berhubungan intim di waktu ini, kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan sangatlah besar.

Cara melakukan hubungan suami istri agar tidak hamil ini adalah memastikan untuk menghitung dengan tepat kapan waktu di mana peluang untuk mendapatkan kehamilan paling kecil. Beberapa pakar menyarankan, 1 atau 2 hari setelah fase menstruasi selesai adalah masa di mana peluang untuk mendapatkan kehamilan sangat rendah.

Hal ini disebabkan oleh belum adanya sel telur baru yang dilepas dalam tubuh wanita. Memang, sperma masih bisa hidup di dalam tubuh hingga beberapa hari kemudian, namun, jika belum ada sel telur yang dilepaskan, maka kecil kemungkinan Anda mendapatkan kehamilan.

Pada akhirnya, cara agar tidak hamil adalah mengetahui siklus reproduksi wanita untuk mengetahui kapan Anda berada di dalam masa subur. Masa subur wanita yaitu saat di mana sel telur yang dilepaskan ovarium menuju leher rahim sudah matang dan siap untuk dibuahi.

Perlu diketahui, sel telur ini akan siap menunggu selama 12-24 jam kedepan untuk bertemu dengan sel sperma. Jika sperma datang dan berhasil menemukan sel telur yang sudah matang ini maka terjadilah pembuahan, sel telur kemudian menempel pada dinding rahim yang artinya Anda kemungkinan untuk hamil.

Namun jika sel telur tidak bertemu dengan sel sperma dalam jangka waktu 12-24 jam setelah waktu pelepasan, maka kemudian sel telur akan dikeluarkan dari rahim oleh tubuh melalui proses yang disebut menstruasi.

2. Menggunakan kondom saat sedang masa subur

Cara agar tidak hamil berikut ini sangat umum digunakan untuk mencegah kehamilan meskipun seorang wanita sedang dalam masa subur. Kondom adalah alat kontrasepsi yang dapat mencegah aliran sperma masuk ke uterus dan menyebabkan kehamilan. Dibanding dengan cara agar tidak hamil menghitung kalender menstruasi, cara ini terbukti lebih efektif.

Tidak banyak orang yang bisa menghitung dengan tepat siklus ovulasi dan menstruasi wanita, cara berhubungan agar tidak hamil ini tentu masih memiliki risiko untuk mendapatkan kehamilan jika dibandingkan dengan penggunaan kontrasepsi yang tentu lebih menjamin. Salah satu cara agar tidak hamil terbaik adalah bersenggama dengan kondom.

Kondom terbuat dari lateks. Tingkat efektivitas kondom laki-laki dalam mencegah kehamilan adalah 80 – 98%. Anda juga bisa memilih kondom wanita. Bentuknya seperti mangkok dengan tekstur lentur dan tipis. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan sebagian alat ini ke vagina ketika akan melakukan hubungan seksual. Tingkat efektivitasnya dalam mencegah kehamilan adalah sekitar 80%.

3. Senggama putus

Contoh cara bersetubuh agar tidak hamil berikut adalah metode senggama putus.
Cara agar tidak hamil ini bisa dilakukan jika penggunaan kondom mengurangi kenikmatan dan stimulasi seksual. Senggama putus membutuhkan kelihaian pasangan laki-laki dalam menahan keluarnya sperma saat bersenggama.

Cara agar tidak hamil ini mengharuskan pria mengeluarkan sperma di luar vagina. Akan tetapi, senggama putus tidaklah menjamin ketidakhamilan setelah bersenggama. Pasalnya, laki-laki sering kali mengalami ejakulasi dini yang tanpa disadari. Cara bercinta tanpa kondom tidak hamil masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

4. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

Cara agar tidak hamil lainnya adalah menggunakan metode AKDR. Apa itu AKDR? AKDR atau dalam dunia medis dikenal dengan IUD (intrauterine devices) adalah alat yang dipasang di dalam rahim.

AKDR memiliki bentuk seperti huruf T. Tingkat efektivitas dari alat kontrasepsi ini dalam mencegah kehamilan sangatlah baik. Dibanding alat kontrasepsi lainnya, AKDR memiliki kelebihan karena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dari 5 sampai 10 tahun

5. Mengandalkan kontrasepsi hormonal

Cara agar tidak hamil menggunakan suntik KB, implan dan pil adalah metode kontrasepsi hormonal yang bisa digunakan. Hormon yang dimasukkan ke tubuh adalah hormon sintetis yang mirip dengan yang ada di dalam tubuh, yaitu estrogen dan progesteron.

Hormon ini mengubah reaksi kimia yang ada di tubuh wanita. Efeknya adalah mencegah ovarium melepas sel telur agar tidak dapat dibuahi oleh sel sperma. Reaksi lainnya adalah membuat lendir di leher rahim mengental sehingga mencegah sperma mencapai sel telur.

Cara agar tidak hamil dengan alat kontrasepsi jenis ini tingkat keberhasilannya mencapai  90%. Namun, dilansir Doktersehat, jika Anda menggunakannya dengan benar sesuai petunjuk, dan dilakukan secara rutin, tingkat efektivitasnya bisa mencapai 99%.