Minggu, 02 Desember 2018 07:30 WITA

Bersarang di Kulit Tubuh, Bakteri Ini Bisa Jadi Ancaman Serius

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bersarang di Kulit Tubuh, Bakteri Ini Bisa Jadi Ancaman Serius
FOTO: iStock

RAKYATKU.COM - Bakteri yang disebut Staphylococcus epidermidis bersarang pada kulit Anda. Jangan panik, itu terjadi pada semua orang.

Tapi karena itu sangat umum, itu berarti dokter medis mengabaikan sisi gelapnya. Bakteri itu bisa mematikan jika ia belajar untuk menghindari antibiotik. 

Hal itu sesuai dengan penelitian baru dari Milner Center for Evolution di University of Bath. Para peneliti telah menemukan lebih dari 60 gen yang dapat mengubah populasi mikroba yang tidak berbahaya ini menjadi berbahaya.

"Staphylococcus epidermidis adalah patogen mematikan di depan mata," kata pemimpin peneliti studi, Sam Sheppard, dikutip dari Nature Communication, Minggu (2/12/2018).

Kebanyakan orang cukup akrab dengan sepupu bakteri ini, Staphylococcus aureus, yang biasa disebut sebagai staph emas.

Staph emas juga hidup di tubuh kita tanpa membuat keributan. Tetapi jika itu terjadi menyebabkan infeksi, itu bisa menjadi mematikan hingga sepertiga pasien dalam setahun.

Loading...

Antibiotik adalah senjata pilihan dalam keadaan ini, tetapi beberapa strain staph emas telah mengembangkan cara-cara untuk menolak berbagai perawatan, menjadi patogen terkenal (alias superbug).

Tapi Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) hanyalah satu superbug yang mendapat banyak perhatian hari ini.

Strain lain yang muncul, seperti beberapa jenis Klebsiella pneumoniae, kurang umum, tetapi menjadi berita utama saat mereka mengubah infeksi biasa menjadi kondisi yang mengancam jiwa.

S epidermidis tidak dikategorikan seperti patogen lain ini. Ini benar-benar tidak dapat dihindari, sehingga tergelincir di bawah radar.

"Ini selalu diabaikan secara klinis karena sering diasumsikan bahwa itu adalah kontaminan dalam sampel laboratorium atau itu hanya diterima sebagai risiko operasi yang diketahui," kata Sheppard.

Tags
Loading...
Loading...