Sabtu, 01 Desember 2018 14:09 WITA

5 Vitamin Penting yang Bisa Membantu Anda Tumbuh Lebih Tinggi

Editor: Suriawati
5 Vitamin Penting yang Bisa Membantu Anda Tumbuh Lebih Tinggi
INT

RAKYATKU.COM - Jangan hanya menyalahkan gen Anda atas tubuh pendek Anda! Terlepas dari struktur genetik, jumlah nutrisi dan vitamin yang tepat juga penting dalam menentukan tinggi badan seseorang,

Untuk memiliki tubuh yang tinggi, Anda harus memastikan tulang Anda sehat dan kuat. Anda juga perlu memaksimalkan pertumbuhan dengan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dalam hal ini, tubuh membutuhkan vitamin B1, B2, D, C dan mineral seperti kalsium dan fosfor.

1. Vitamin D
Ini adalah vitamin paling penting yang berkontribusi dalam membuat tulang kuat dan panjang. Jika seseorang kekurangan vitamin D maka tulang dan giginya menjadi lemah

Selain dari sinar matahari, Anda dapat mendapatkan vitamin D dari makanan dan minuman seperti susu, tomat, buah jeruk, kentang dan kembang kol.

2. Vitamin B1
Vitamin B1 berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf, yang menyediakan organ-organ Anda dengan suplai darah, sehingga memungkinkan tubuh untuk tumbuh. Beberapa sumber umum vitamin B1 adalah beras, kacang tanah, babi dan kacang kedelai.

3. Vitamin B2 (Riboflavin)
Riboflavin juga dikenal sebagai vitamin B2. Ini mempromosikan pertumbuhan tulang, kulit, rambut, dan kuku. Makanan kaya riboflavin termasuk telur, ikan, susu, dan sayuran berdaun hijau.

4. Vitamin C (Asam Askorbat)
Vitamin ini juga dikenal sebagai asam askorbat yang membantu memperkuat tulang dan gigi serta meningkatkan pertumbuhannya. Sumber vitamin ini adalah tomat, kentang, buah jeruk dan buah beri.

5. Kalsium dan fosfor
Kalsium adalah salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat pertumbuhan tulang.

Sumber utama kalsium adalah susu dan produk susu lainnya seperti yogurt dan keju. Ini juga dapat diperoleh dari sumber makanan lain seperti sawi, bayam, dan lobak hijau. 

Pedoman asupan kalsium:
1 hingga 3 tahun: 500 mg kalsium
4 hingga 8 tahun: 800 mg kalsium
9 hingga 18 tahun: 1.300 mg kalsium
19 hingga 50 tahun ke atas: 1000 hingga 1200 mg kalsium

Selain kalsium, fosfor juga membantu dalam mempromosikan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber fosfor terkaya termasuk ikan, kacang tanah, dan daging.