Sabtu, 01 Desember 2018 02:00 WITA

Bolehkah Makan Mi Instan saat Flu?

Editor: Nur Hidayat Said
Bolehkah Makan Mi Instan saat Flu?

RAKYATKU.COM - Saat terkena flu atau pilek, biasanya ingin mengonsumsi yang segar-segar. Salah satu dari makanan yang enak dan memberikan kesegaran adalah mi instan, khususnya yang berjenis kuah. 

Hanya, mi instan sudah dikenal luas sebagai makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Jadi, apakah sebenarnya tidak boleh makan mi instan saat terkena flu?

Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang bersifat pedas atau asam saat flu karena bisa membuat perut dan tubuh menjadi tidak nyaman. 
Masalahnya, seseorang seringkali memilih jenis mi instan yang pedas atau sengaja menambahkan cabai dalam jumlah banyak demi membuat makanan ini terasa lebih mantap dan segar.

Memang, akan merasakan segar, namun sensasi ini hanya akan muncul sesaat. Setelahnya akan muncur rasa tidak nyaman di dalam perut dan akhirnya membuat kondisi tubuh tidak karuan.

Mi instan juga termasuk dalam makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Padahal, salah satu jenis makanan yang dihindari saat flu adalah makanan berlemak. Hal ini disebabkan oleh sifat lemak yang cenderung lama untuk diolah di dalam perut. 

Hal ini bisa saja menyebabkan kenaikan asam lambung dan sensasi tidak nyaman di dalam perut.

Loading...

Pakar kesehatan menyarankan untuk menghindari makanan pedas, asam, tinggi gula, dan tinggi lemak saat flu. Hal ini berarti, makanan seperti kue, biskuit manis, hingga gorengan sebaiknya dihindari saat terkena penyakit ini. 

Gorengan misalnya, kandungan lemaknya yang tinggi bisa membuat tenggorokan dan perut menjadi semakin tidak nyaman. Selain itu, ada baiknya penderita flu juga menghindari susu untuk sementara waktu.

Meskipun dikenal luas sebagai minuman yang sehat dan tinggi nutrisi, susu memiliki kandungan yang bisa menyebabkan produksi lendir meningkat dengan signifikan. Hal ini akan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman. Bahkan, adanya lendir ini bisa membuat kondisi hidung menjadi semakin tersumbat.

Sumber: Dokter Sehat

Loading...
Loading...