Rabu, 28 November 2018 12:48 WITA

7 Manfaat Penting Berlari yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Editor: Suriawati
7 Manfaat Penting Berlari yang Mungkin Tidak Anda Sadari
INT

RAKYATKU.COM - Berlari dianggap sebagai salah satu olah raga yang paling efektif.

Ini mudah dilakukan, tidak memerlukan latihan atau peralatan apa pun, dan dapat dilakukan oleh orang-orang dari semua kelompok usia yang berbeda.

Manfaat berlari untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan
Berlari membantu mengurangi berat badan dengan membakar lemak dan kalori. Dengan demikian, jika Anda rutin melakukan latihan ini, maka Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih ramping.

2. Menunda efek penuaan
Berlari dapat menunda efek penuaan pada tubuh, sehingga membuat seseorang tetap muda secara fisik. Berlari juga dapat memberi nutrisi pada kulit dan membuatnya terlihat lebih segar.

3. Menyehatkan otot dan tulang
Berlari dianggap sebagai salah satu latihan yang paling signifikan untuk menjaga kesehatan otot dan tulang dan sangat membantu dalam menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang baik.

Loading...

4. Meningkatkan level hormon pertumbuhan
Anak-anak dan remaja disarankan untuk mengikuti rutinitas latihan yang ekstensif, termasuk joging atau berlari. Itu karena berlari memainkan peran penting dalam meningkatkan level hormon pertumbuhan.

Berlari adalah latihan khusus untuk meningkatkan tinggi dan berat badan, serta tingkat energi alami Anda.

5. Mencegah stroke
Berlari adalah latihan yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pembuluh darah, yang membawa darah ke dan dari otak, sehingga melawan stroke.

6. Menormalkan gula darah
Lari membantu dalam menjaga jumlah karbohidrat dan gula dalam darah tetap seimbang. Ini berarti bahwa berlari dapat mencegah perkembangan penyakit mengerikan seperti diabetes.

7. Menurunkan hipertensi
Hipertensi, atau yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi,  bisa berkurang jika Anda rutin berlari. Selanjutnya, jika tekanan darah Anda stabil maka Anda akan terhindar dari risiko berbagai penyakit jantung, termasuk aterosklerosis.

Loading...
Loading...