Selasa, 27 November 2018 18:17 WITA

Ini 10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Editor: Suriawati
Ini 10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik
Kacang almon salah satu makanan peningkat HDL

RAKYATKU.COM - Kolesterol jahat adalah masalah umum yang dihadapi hampir semua orang, dan jika dibiarkan akan menyebabkan komplikasi.

Pada dasarnya, tubuh manusia bertanggung jawab untuk memproduksi dua jenis kolesterol berbeda, yaitu HDL dan LDL.

HDL dianggap baik dan sehat, sementara HDL adalah kolesterol jahat. Jika HDL rendah dan LDL tinggi, maka itu bisa membuat Anda rentan terhadap penyakit kardiovaskular.

Nah, untuk memastikan tingkat HDL cukup tinggi dan LDL tersingkirkan maka Anda harus menjaga memperhatikan makanan di atas piring Anda.

Berikut makanan terbaik dapat meningkatkan HDL:

1. Salmon liar
Salmon Liar sangat bagus untuk hati. Ini mengandung asam lemak omega 3 yang penuh dengan kolesterol HDL. Disarankan untuk memiliki setidaknya dua hingga tiga porsi salmon liar per minggu.

2. Makarel
Hidangan lain yang mengandung kolesterol HDL adalah makarel. Mengonsumsi hidangan ini per minggu dapat mengurangi serangan jantung atau penyakit yang berhubungan dengan jantung.

3. Tuna
Tuna tidak hanya akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, tapi juga mengurangi tekanan darah.
 
4. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun penuh dengan antioksidan yang dapat meningkatkan kadar HDL dan mengurangi tingkat LDL. Namun jangan gunakan minyak ini secara berlebihan karena tinggi kalori.

Loading...

5. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang penuh lemak monosaturated, yang dapat meningkatkan kolesterol baik.

6. Jeruk
Jeruk mengandung antioksidan yang melindungi jantung Anda. Srang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 20 gram jeruk per hari untuk meningkatkan HDL

7. Kacang kenari
Kenari penuh dengan asam lemak tak jenuh ganda yang menjaga pembuluh darah tetap sehat. Namun, disarankan untuk mengonsumsi kacang kebari dalam jumlah sedang, karena tinggi kalori dan dapat membuat berat badan Anda bertambah!

8. Kacang almon
Mengosumsi segenggam almond setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung. Ini juga mengandung Vitamin E yang dapat mengurangi perkembangan plak di arteri Anda.

9. Kacang tanah
Kacang tanah mengandung L-arginine, yang dapat meningkatkan kesehatan arteri Anda dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

10. Coklat hitam
Cokelat hitam sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat. Ini mengandung antioksidan dan flavonoid baik untuk jantung. Namun, sebaiknya jangan konsumsi ini secara berlebihan karenadapat menyebabkan penambahan berat badan.

Loading...
Loading...