Minggu, 18 November 2018 02:30 WITA

Cara Cepat Memulihkan Sakit Otot 

Editor: Eka Nugraha
Cara Cepat Memulihkan Sakit Otot 
ilustrasi nyeri otot

RAKYATKU.COM --- Sakit dan kaku otot setelah berolahraga bisa sangat menganggu. Apalagi saat akan memulai aktivitas baru di pekan pertama. 

Pada dasarnya rasa nyeri atau pegal pascalatihan bisa dialami siapa saja. Terutama bagi pemula atau orang yang sudah rutin olahraga namun mengubah intensitas atau jenis latihannya. 

Setidaknya, ada empat hal sederhana yang bisa membantu proses pemulihan otot menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah ulasannya. 

1. Konsumsi kayu manis 

Kayu manis dinilai efektif untuk meredakan rasa sakit selama sekitar 2400 tahun. Awalnya, seorang dokter dari Yunani kuno Hippokrates menuliskan pada karya tulisnya soal kayu manis untuk pemulihan. 

Menurut riset Journal of Clinical and Diagnostic, kayu manis bahkan lebih efektif meresakan rasa sakit ketimbang pereda nyeri ibuprofen. Beltsville Human Nutrition Research Center menjelaskan, salah satu caranya adalah mengkonsumsi setengah sendok kayu manis dua kali sehari yang campurkan ke dalam kopi untuk meredakan peradangan. 

2. Trik panas dan dingin

Loading...

Otot yang dipakai hingga ke batas maksimal kapasitasnya juga akan mempercepat pemulihan. Caranya, menggunakan balok es dan tekan ke bagian otot yang sakit selama satu menit. Kemudian, rendam bagian tubuh tersebut salam air hangat selama semenit. Beri jeda waktu 12 menit untuk mengulangi kembali cara tersebut. 

3. Terapi laser 

Praktisi klinis dan ahli terapi laser untuk manajemen sakit di Quantum Laser, Dr Roberta Chow, AM menjelaskan bahwa Cold Laser Therapy bisa digunakn untuk memperbaiki sel. Cara ini tidak sakit dan bisa mempercepat pemulihan. 

"Oksidasi stres adalah dimana nitrit oksida mengikat sel. Yang dilakukan laser adalah menggantinya dari sel dan membuat oksigen mengikat kembali sel tersebut. Memungkinkan mitokondria memproduksi energi ATP kembali. Dengan kata lain, membuat sel tersebut memiliki fungsi seperti awal," ujarnya. 

4. Minum teh

Komponen dalam teh memicu sekresi insulin yang akan menurunkan jumlah gula pada sel gula darah. Minum teh hitam setelah berolahraga bisa menurunkan tekanan darah hingga 40 persen.
 

Loading...
Loading...