Jumat, 16 November 2018 02:30 WITA

Diabetes Mengancam Kemampuan Seksual Pria dan Wanita

Editor: Adil Patawai Anar
Diabetes Mengancam Kemampuan Seksual Pria dan Wanita

RAKYATKU.COM - Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan umum terjadi pada pria dan juga wanita. Penyakit menyebabkan banyak gangguan pada fungsi tubuh kalau sudah parah termasuk menurunkan fungsi seksual pada pria dan juga wanita. Perlu Anda ketahui kalau ternyata ada dampak diabetes pada kemampuan seks.

Pria atau wanita selalu disarankan untuk menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Gula darah di dalam tubuh harus dikontrol dengan baik agar tidak menyebabkan dampak buruk dari diabetes berjalan dengan lebih parah. Kalau pasien diabetes lali dengan kontrol gula darahnya, beberapa masalah di bawah ini akan terjadi.

Dampak diabetes pada pria dan wanita
Secara umum ada tiga hal yang bisa terjadi pada pria dan wanita saat mengalami diabetes dan kadar gula darah di dalam tubuhnya tidak bisa dikontrol. Berikut dampak diabetes pada kemampuan seks pria dan wanita:

Penurunan libido
Pria dan wanita akan mengalami penurunan libido yang cukup signifikan. Penurunan libido ini bisa terjadi karena masalah fisik atau psikologis. Secara umum kondisi ini dipengaruhi oleh tekanan darah yang terlalu tinggi dari seseorang. Saat gula darah naik lalu anjlok, energi di dalam tubuh akan menurun cukup signifikan.

Kondisi tubuh yang tidak menentu dan seks mengalami gangguan membuat depresi muncul diikuti dengan kondisi stres. Pada wanita perubahan hormon yang signifikan juga memengaruhi kondisi ini.

Diabetic neuropathy
Diabetic neuropathy adalah gangguan yang disebabkan oleh rusaknya saraf di beberapa tempat yang ada di tubuh. Kerusakan ini membuat pria dan wanita mengalami gangguan di organ seksualnya seperti susah menerima rangsangan dengan sempurna.

Masalah hubungan dengan pasangan
Penurunan kemampuan seksual yang dialami oleh pria dan wanita tentu menyebabkan masalah di kemudian hari. Pertengkaran tidak bisa dihindari karena seks sangat sensitif khususnya pada pasangan yang masih aktif bercinta.

Dampak diabetes spesifik pada pria
Pada pria diabetes yang tidak terkontrol secara spesifik bisa menyebabkan beberapa masalah di bawah ini:

Gangguan ereksi
Gangguan ereksi pada pria bisa terjadi karena ada kerusakan pada saraf yang ada di penis. Gangguan ini menyebabkan beberapa masalah seperti susahnya darah mengalir ke penis hingga penis tidak sensitif lagi.

Infeksi di penis
Infeksi di penis bisa terjadi karena gula darah di dalam tubuh yang tinggi. Akhirnya bakteri mudah sekali masuk dan menyebabkan masalah seperti infeksi saluran kemih yang membuat pria jadi tidak nyaman.

Ejakulasi terbalik
Ejakulasi terbalik menyebabkan sperma yang harusnya keluar dari penis justru masuk lagi ke belakang. Cairan harusnya digunakan untuk pembuahan itu justru masuk ke kandung kemih dan keluar lagi bersama dengan urine.

Dampak diabetes spesifik pada wanita
Wanita juga menerima efek samping dari diabetes secara spesifik, berikut yang akan terjadi:

Vagina menjadi kering
Vagina wanita akan mengering karena pelumas susah dihasilkan. Saat seks, wanita akan sering merasakan sakit yang cukup besar.

Mudah terkena infeksi
Saat gula darah di dalam tubuh tinggi, ada kemungkinan terjadi perubahan pH di vagina. Kondisi ini memicu terjadinya infeksi atau mempermudah penyakit menular seks untuk menyebar.

Inkontinensia urine
Wanita akan mengalami inkontinensia urine. Pada kondisi tertentu wanita tidak bisa menahan tubuhnya untuk tidak mengompol. Saat bersih, mengangkat benda berat, hingga berjalan saja urine bisa keluar.

Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk menjaga kualitas seksual dengan atau tanda diabetes di dalam tubuh. Mari perhatikan apa yang kita makan setiap hari dan mulai memperbanyak olahraga.

Tags