Kamis, 15 November 2018 18:50 WITA

Stop Makan Pisang Karbitan, Ini Bahayanya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Stop Makan Pisang Karbitan, Ini Bahayanya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang sengaja menempatkan karbit atau mesiu pada pisang yang masih hijau dan belum matang. Diharapkan karbit ini akan mampu membuat pisang lebih cepat matang. 

Memang, karbit bisa memberikan manfaat ini, sayangnya, pisang yang matang dengan proses karbitan ini ternyata tidak layak untuk dikonsumsi dan bisa membahayakan kesehatan. Seperti apakah bahayanya?

Pisang yang matang dengan proses karbitan tidak matang secara alami. Biasanya, hal ini bisa kita kenali dengan adanya bercak-bercak berwarna kehitaman pada permukaan kulitnya. Memang, pisang terlihat menguning dan matang, namun pisang karbitan ini tidak memiliki aroma khas pisang yang sudah masak.

Dilansir laman Doktersehat, hal inilah yang menandakan bahwa proses pematangan pada buah yang dikenal luas baik bagi kesehatan pencernaan ini tidak alami dan bisa jadi kurang baik bagi kesehatan.

Pisang yang matang dengan proses yang alami memiliki kandungan seperti vitamin B, vitamin C, protein, serta karbohidrat. Hanya saja, karena pisang yang dimatangkan dengan karbit ini sebenarnya “dipaksa” agar menjadi lebih matang, maka nutrisi-nutrisi ini tidak sempurna. Bahkan, dalam banyak kasus, pisang ini tidak memiliki nutrisi apapun sehingga kita tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan apapun.

loading...

Terkadang, kita bahkan masih bisa menghirup aroma dari karbit tersebut di bagian luar buah pisang. Meskipun aromanya tidak begitu kuat, pakar kesehatan menyebut karbit bisa memicu gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gas asitelin yang bisa membahayakan kesehatan. Beberapa gejala yang akan kita rasakan jika sampai keracunan karbit adalah kepala pusing, mual-mual, dan muntah.

Pisang yang matang dengan proses karbitan, bukannya matang secara alami ternyata juga bisa memberikan efek lainnya, yakni mengganggu kesuburan. Hal ini disebabkan oleh masuknya karbit ke dalam tubuh dan akhirnya mempengaruhi sistem reproduksi kita.

Sebagai informasi, karbit sebenarnya dipakai dalam industri pengelasan, bukannya di dalam dunia pertanian sehingga bisa dipastikan bahwa bahan ini memang tidak layak dipakai untuk mematangkan buah-buahan.

Ada baiknya kita memilih pisang yang matang dengan cara alami. Jika memang pisang di kebun masih terlihat hijau, tunggulah beberapa saat hingga benar-benar matang sehingga kita pun bisa menikmatinya tanpa perlu khawatir akan bahaya dari karbit.

Tags
Loading...
Loading...