Kamis, 15 November 2018 11:46 WITA

Bagaimana Kontak Mata Bisa Membuat Orang Bertindak Lebih Jujur

Editor: Suriawati
Bagaimana Kontak Mata Bisa Membuat Orang Bertindak Lebih Jujur
INT

RAKYATKU.COM - Ada ungkapan populer yang mengatakan bahwa 'mata tidak bisa berbohong'. Jadi wajar kita selalu ingin melihat mata seseorang untuk mendapatkan kebenaran.

Sekarang, sebuah penelitian baru telah mengungkap alasannya. Para ilmuwan di Universitas Tampere, Finlandia menemukan bahwa menjaga kontak mata dapat membuat orang lain tidak berbohong kepada Anda.

Dalam studinya, para peneliti yang terdiri dari psikolog menyelidiki efek tatapan langsung untuk mendorong kejujuran menggunakan permainan interaktif komputer.

Selama uji coba, para peserta dibiarkan berpandangan dengan peserta lainnya melalui jendela kaca, setelah itu mereka memulai permainan.

Peserta harus melaporkan kepada teman di depannya warna lingkaran yang muncul di layar mereka. Mereka diizinkan berbohong untuk mendapatkan lebih banyak poin.

Permainan diulang beberapa kali, dan lawan mainnya harus melihat mata untuk menilai dia berbohong atau tidak.

Hasilnya menunjukkan bahwa tatapan langsung dapat mengurangi kebohongan berikutnya dalam permainan itu.

Loading...

Peneliti mengatakan bahwa hasilnya memiliki implikasi praktis untuk situasi sehari-hari dan profesional, seperti interogasi polisi.

"Orang-orang berpikir untuk tidak berbohong ketika diawasi karena itu membutuhkan lebih banyak usaha untuk menjaga bahasa tubuh tetap jujur, sambil melihat reaksi orang lain," kata peneliti.

"Orang-orang tampaknya peduli tentang pendapat orang lain tentang diri mereka sendiri," kata peneliti, Jonne Hietanen.

Mengetahui mereka sedang diawasi, peserta dalam penelitian menunjukkan perilaku yang lebih positif.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition.

Loading...
Loading...