Kamis, 15 November 2018 08:00 WITA

Tidak Berkeringat Saat Olahraga, Tanda Kuat atau Gejala Penyakit?

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Tidak Berkeringat Saat Olahraga, Tanda Kuat atau Gejala Penyakit?
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Ada orang yang tidak berkeringat saat berolahraga atau hanya sedikit. Apakah itu pertanda daya tahan tinggi atau justru gejala penyakit?

Berkeringat adalah proses melepaskan panas tubuh, sehingga suhu di dalam tubuh bisa tidak terlampau panas. Pada saat suhu tubuh meningkat, sistem saraf otonom merangsang kelenjar apokrin (kelenjar keringat) untuk menghasilkan keringat.

Keringat nantinya akan berevaporasi atau menguap dari kulit. Inilah yang akan memberikan efek menyejukkan, sehingga suhu tubuh berkurang. Tanpa adanya keseimbangan untuk menghasilkan keringat, Anda berisiko mengalami heatstroke.

Heatstroke adalah kondisi saat tubuh mengalami panas yang berlebihan. Heatstroke yang tidak segera disadari dan ditangani bisa menimbulkan kerusakan organ tubuh bahkan kematian. 

Nah, jika Anda tidak berkeringat sama sekali atau hanya sedikit keringat, ada kemungkinan mengalami hal seperti berikut ini:

1. Intensitas Latihan Kurang

Pastikan dahulu apakah intensitas olahraga Anda memang sudah tepat. Jika seseorang yang berolahraga tidak meningkatkan suhu inti di dalam tubuhnya (hanya berada pada intensitas ringan), maka ini akan membuat orang tersebut hanya sedikit berkeringat. Contohnya berjalan kaki, aktivitas ini tidak akan membuat orang mudah mengeluarkan keringat.

Mungkin beberapa dari Anda juga berpikir kenapa teman Anda dan Anda yang melakukan olahraga yang sama, jumlah keringat yang keluar berbeda. Hal ini disebabkan bahwa Anda dan teman Anda memiliki tingkat kebugaran yang berbeda, sehingga intensitas yang Anda rasakan pun akan berbeda.

Contoh, mungkin bagi Anda berjalan cepat selama 10 menit sangat mudah dan termasuk aktivitas fisik yang ringan karena sudah biasa, tetapi bagi teman Anda berjalan cepat 10 menit terasa sangat berat. Maka, suhu inti tubuh teman Anda sudah naik sedangkan Anda belum. Teman Anda sudah berkeringat dan Anda pun sedikit berkeringat atau bahkan tidak berkeringat.

2. Kurang Cairan

Dilansir dari laman Livestrong, penyebab umum kurangnya keringat dalam tubuh yakni kurang cukupnya cairan sebelum, selama, atau setelah berolahraga. Jika dari awal olahraga Anda sudah kekurangan cairan maka produksi keringat juga cenderung akan berkurang. Pasalnya, tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk mengeluarkan keringat.

Loading...

3. Minum Obat

Mengonsumsi obat tertentu, terutama yang termasuk obat antikolinergik, dapat menyebabkan keringat yang diproduksi nantinya akan berkurang. Namun, dalam keadaan ini ada gejala lain yang mengikuti bukan hanya dari jumlah keringat, yaitu mulut kering dan sakit tenggorokan. Beberapa obat yang bisa memberikan efek ini antara lain: benzhexol, benztropine, diperiden, orphemadrine, dan procyclidine.

4. Cedera Saraf

Sedikitnya keringat yang keluar bisa juga berkaitan dengan kondisi saraf. Cedera yang terjadi pada saraf yang membantu mengendalikan fungsi saraf otonom dapat mengganggu aktivitas kelenjar keringat. Saraf otonom adalah saraf-saraf  yang mengatur organ dalam, kelenjar keringat, dan tekanan darah. Kerusakan saraf semacam itu bisa disebabkan oleh sejumlah masalah medis antara lain:

5. Radang Kulit

Kondisi penyakit kulit yang menghalangi atau menyumbat saluran keringat juga bisa menyebabkan tubuh tidak berkeringat atau hanya sedikit berkeringat. Kulit yang meradang juga bisa memengaruhi kelenjar keringat, termasuk psoriasis, ruam panas, scleroderma, dan acthyosis.

6. Faktor Genetik

Beberapa orang bisa juga mewarisi gen tertentu yang mengalami kelainan sehingga membuat kelenjar keringat di tubuh tidak berjalan dengan baik. Setelah kondisi melelahkan pun tubuhnya tidak mampu atau kurang mampu menghasilkan keringat seperti orang lainnya.

Kondisi kelainan bawaan ini disebut dengan displasia ektodermal hipohidrotik. Orang yang mengalami kelainan ini jarang sekali berkeringat atau bahkan tidak berkeringat sama sekali. (Sumber: Hellosehat.com)
 

Loading...
Loading...