Rabu, 14 November 2018 09:59 WITA

6 Cara Terbaik Mengatasi Claustrophobia

Editor: Suriawati
6 Cara Terbaik Mengatasi Claustrophobia
INT

RAKYATKU.COM - Claustrophobia adalah ketakutan ekstrem berada di ruang kecil tanpa pelarian. Ini biasanya diidentifikasi sebagai gangguan kecemasan dan membuat orang rentan terhadap serangan panik ketika pintu tertutup.

Claustrophobia dapat dipicu ketika orang ditempatkan di ruang terbatas seperti pesawat terbang, lift, kereta bawah tanah dan kamar hotel dengan jendela yang tidak dapat dibuka. 

Meskipun tidak obat untuk menyembuhkan claustrophobia, ada sejumlah cara efektif dan solusi yang dapat menyingkirkan rasa takut itu.

Berikut berbagai cara untuk mengelola claustrophobia:

1. Perubahan perilaku
Karena timbulnya claustrophobia sering dipicu oleh perasaan terkurung, maka Anda harus menghindari skenario tersebut.

Misalnya, hindari mengemudi pada jam sibuk, ketika Anda mungkin terjebak dalam kemacetan lalu lintas, atau posisikan diri Anda di dekat pintu jika ada pertemuan.

Anda juga dapat memeriksa ruangan atau rumah secara menyeluruh untuk menemukan jalan keluar alternatif untuk meringankan ketakutan Anda.

Untuk opsi yang lebih masuk akal, gunakan tangga bukan lift, lakukan perjalanan dengan kereta api, bukan pesawat (jika memungkinkan).

2. Terapi perilaku kognitif
Terapi perilaku kognitif (CBT) dapat membantu mengubah pola pikir dan perilaku seseorang. Untuk pengobatan claustrophobia, CBT mendorong pasien untuk menghadapi ketakutan mereka, biasanya melalui proses pemaparan ke ruang-ruang kecil secara bertahap.

3. Latihan Pernapasan
Salah satu gejala pertama dari serangan panik atau kecemasan adalah kesulitan bernapas, sesak dada, dan pusing.

Loading...

Penurunan oksigen ke otak dapat memperburuk semua gejala claustrophobia, juga mencegah Anda berpikir lurus. Jadi latihan pernapasan sederhana dapat menenangkan Anda ketika serangan panik klaustrofobik mendekat.

4. Meditasi
Obat efektif lain untuk klaustrofobia adalah meditasi, karena dapat membantu memusatkan pikiran Anda, dan juga membawa Anda ke akar penyebab ketakutan Anda.

Jika Anda bisa menembus ketakutan Anda, maka secara perlahan Anda akan mulai mengatasi rasa takut yang melumpuhkan yang terkait dengan fobia ini. Meditasi juga dapat mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh.

5. Konsumsi Magnesium
Penelitian telah menunjukkan bahwa claustrophobia dan banyak gangguan kecemasan lainnya berkaitan erat dengan kadar magnesium dalam tubuh.

Stres dan hiperventilasi dapat dengan cepat menghabiskan kadar magnesium tubuh Anda.

Sistem saraf dan metabolisme membutuhkan magnesium untuk ratusan operasi yang berbeda, jadi jika Anda ingin mencegah serangan panik yang tidak perlu, konsumsi lahi makanan kaya magnesium seperti biji-bijian utuh, yoghurt, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, dan cokelat hitam untuk diet Anda . 

6. Konsumsi vitamin B
Vitamin B sangat terlibat dalam fungsi sistem saraf, yang berarti bahwa ia terlibat dalam kecemasan, tingkat stres, serangan panik dan claustrophobia.

B-vitamin ditemukan dalam konsentrasi tinggi di dalam biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, unggas, makanan laut, dan kerang.

Loading...
Loading...