Selasa, 13 November 2018 18:39 WITA

Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Konsumsi Bayam

Editor: Suriawati
Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Konsumsi Bayam
INT

RAKYATKU.COM - Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah di temukan di Indonesia.

Secara ilmiah, tanaman ini dikategorikan dalam genus Amaranthus. Meskipun banyak varietas bayam dianggap gulma, ada beberapa varietas genus yang dibudidayakan dan dihargai karena manfaatnya untuk kesehatan.

Dilansir dari Organic Facts, berikut dampak positif yang Anda dapatkan jika mengonsumsi bayam:

1. Sumber protein
Protein merupakan kandungan utama bayam. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dan jaringan baru, serta membantu memenuhi.

2. Agen antioksidan
Ada penelitian baru yang mengungkapkan bahwa mengandung peptida tertentu, yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan bahkan mencegah aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

3. Meningkatkan kekuatan tulang
Daun bayam mengandung berbagai macam mineral, termasuk kalsium tinggi. Kalsium sangat penting untuk mencegah demineralisasi tulang.

4. Meningkatkan pencernaan
Bayam mengandung serat tinggi, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memfasilitasi penyerapan mineral yang efisien.

Loading...

5. Menurunkan tingkat kolesterol
Serat makanan yang disebutkan di atas juga membantu keseimbangan kolesterol dalam tubuh dengan menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

Selanjutnya, bayam mengandung banyak vitamin K, yang baik untuk kesehatan jantung. 

6. Meningkatkan kesehatan mata
Tingkat karotenoid dan vitamin A yang ditemukan di daun bayam dapat menjaga kesehatan mata. Antioksidan itu juga dapat mencegah degenerasi makula dan memperlambat mencega perkembangan katarak.

7. Mengurangi cacat lahir
Kekurangan folat dapat menyebabkan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Nah, bayam mengadung mineral penting ini, jadi mengonsumsi bayam selama kehamilan bisa mecegah bayi lahir cacat.

Perhatian
Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, daun bayam mengandung kadar oksalat yang moderat. Untuk alasan ini, jika Anda menderita batu ginjal atau batu empedu, bayam dapat memperburuk kondisi Anda.

Loading...
Loading...