Sabtu, 10 November 2018 16:58 WITA

Waspadai Efek Samping Vitamin B12!

Editor: Suriawati
Waspadai Efek Samping Vitamin B12!
Vitamin B12

RAKYATKU.COM - Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air. Ini terikat pada protein dalam makanan dan dilepaskan ke dalam tubuh setelah penyerapan.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 termasuk ikan, kepiting, ikan sarden, kerang, daging sapi, daging kambing, daging ayam, telur dan keju.

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk sejumlah fungsi penting, termasuk produksi sel-sel darah dan aktivitas sistem saraf yang tepat. Ini juga penting untuk sintesis DNA dan berbagai fungsi lain dalam tubuh.

Namun, ada beberapa orang yang tidak boleh mengonsumsi vitamin B12 atau harus berhati-hati ketika menggunakan suplemen ini karena potensi efek sampingnya.

Efek samping vitamin B12 termasuk sakit kepala, tekanan darah tinggi, jerawat, ruam, kulit gatal atau terbakar, warna kulit memerah, perubahan warna urine, mual, kesulitan menelan, diare, peningkatan volume darah dan sel darah merah, reaksi alergi, pembekuan darah, komplikasi kehamilan, pusing, kesulitan bernafas, dan kenaikan berat badan.

Jika Anda mendeteksi salah satu dari efek samping di atas, hentikan penggunaannya dan bicaralah dengan dokter Anda tentang gejala yang Anda alami.