Jumat, 09 November 2018 10:32 WITA

Ini Bahaya Makan Donat Setiap Hari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Bahaya Makan Donat Setiap Hari

RAKYATKU.COM - Donat seringkali dianggap sebagai camilan yang mengenyangkan dan cocok untuk dikonsumsi di sela-sela kesibukan atau saat sedang bersantai seperti menonton televisi. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, donat termasuk dalam makanan yang paling tidak sehat bagi tubuh sehingga sebaiknya tidak sering dikonsumsi.

Bahan utama donat adalah kentang atau tepung terigu. Kedua bahan ini memiliki kadar karbohidrat yang sangat tinggi. Sebagai contoh, di dalam satu buah donat terdapat sekitar 16 hingga 40 gram karbohidrat.

Jika kita mengonsumsinya sebagai camilan di sela-sela waktu makan, maka kita akan mengonsumsi kalori dengan berlebihan. Hal ini tentu akan membuat berat badan naik. Bahkan, jika kita mengonsumsinya setiap hari, bisa jadi risiko terkena diabetes meningkat.

Risiko untuk terkena penyakit berbahaya ini bahkan bisa jauh lebih tinggi jika donat yang kita konsumsi diberi topping yang manis seperti meses, gula halus, dan topping manis lainnya. Kadar kalori dari topping ini tak kalah tingginya dibandingkan dengan donat sehingga membuat kadar gula darah di dalam tubuh naik dengan sangat cepat setelah memakannya.

Selain risiko terkena masalah berat badan atau diabetes, dilansir laman Doktersehat, mengonsumsi donat terlalu sering ternyata juga bisa memberikan efek buruk bagi tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar sodium di dalam donat, yakni mencapai 130-150 miligram.

Jika kita memakannya dalam jumlah banyak, maka semakin banyak sodium yang masuk ke dalam tubuh, bukan? Padahal, pakar kesehatan menyarankan kita membatasi asupan sodium 2300 miligram per hari. Jika kita makan donat terlalu banyak dan mengonsumsi makanan tinggi sodium lainnya, tekanan darah tentu akan naik dan bisa memicu datangnya hipertensi.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan donat sesekali saja, bukannya sebagai makanan yang dikonsumsi setiap hari, apalagi dijadikan camilan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, jika ingin memakannya, buatlah donat sendiri agar kandungan kalori, gula, dan lemaknya tidak terlalu banyak. Jangan beri tambahan topping yang tidak sehat seperti gula tambahan atau meses demi mencegah kenaikan berat badan dan risiko diabetes.