Jumat, 09 November 2018 09:13 WITA

Konsumsi Ini di Pagi Hari Agar Tetap Bersemangat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Konsumsi Ini di Pagi Hari Agar Tetap Bersemangat

RAYATKU.COM - Tidak semua orang mengawali hari dengan semangat. Ada yang lemas mungkin karena tidak bisa tidur, atau sudah kesal ketika membayangkan jalanan macet atau pekerjaan yang menumpuk. Agar pagi hari Anda terasa lebih menyenangkan, Anda bisa mengonsumsi makanan yang dapat mengubah suasana hati menjadi lebih bersemangat.

Banyak orang melewatkan beberapa aktivitas di pagi hari karena ingin segera memulai kegiatan mereka. Salah satu aktivitas yang sering dilewatkan adalah sarapan.

"Banyak orang sering mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, atau bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja. Padahal, sarapan bukan sekadar pengganjal perut, tapi juga sumber energi agar Anda bisa beraktivitas dengan baik," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dikutib KlikDokter.

Sarapan merupakan sumber energi bagi otak agar Anda dapat bekerja lebih optimal. Jadi, biasakanlah sarapan dengan menu-menu yang dapat membuat tubuh Anda terasa lebih berenergi.

Menu pembangkit semangat

Sarapan memang dibutuhkan sebagai penambah energi di pagi hari. Healthline merinci deretan menu makanan dan minuman yang cukup efektif untuk menambah semangat Anda di pagi hari:

1. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap baik. Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati. Bahkan, makan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Kopi

Analisis dari beragam studi menemukan dosis asupan kopi yang paling efektif untuk meningkatkan semangat adalah 38-400 mg per hari. Jika dikonversi, takaran tersebut setara dengan 3-4 cangkir kopi per hari, tergantung bagaimana tubuh Anda bisa menerimanya.

Selain itu, kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79–150 kalori ekstra selama periode 24 jam.

Tak hanya itu, kopi juga kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat unik yang disebut oat beta-glucan, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi kolesterol. Serat ini merupakan serat kental yang mendorong perasaan kenyang. Satu studi menemukan bahwa peningkatan kadar hormon PYY membuat kenyang dan dosis yang lebih tinggi memiliki efek yang bagus untuk membuat Anda tidak makan banyak pada siang harinya.

Oat juga kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan berfungsi menurunkan tekanan darah. Namun perlu diingat, satu cangkir (235 gram) oatmeal yang Anda makan hanya mengandung sekitar 6 gram protein.

4. Teh hijau

Kandungan kafein di dalam teh hijau meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, kemudian secara bersamaan meningkatkan metabolisme. Dalam satu cangkir teh hijau terdapat 35–70 mg kafein, atau setengah kadar kafein  kopi. Akan tetapi, manfaat kafein dari teh hijau ini cukup luar biasa, salah satunya adalah membantu melawan diabetes.

Sebuah studi menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki kadar gula darah dan tingkat insulin yang rendah dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG, yang dapat melindungi otak, sistem saraf dan jantung Anda dari kerusakan.

5. Buah

Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah yang dipotong kecil-kecil menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung pada jenisnya. Buah jeruk juga sangat tinggi vitamin C. Bahkan, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin C. Jika Anda mencari buah yang cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan, carilah buah yang kandungan serat dan airnya yang tinggi, seperti semangka, melon, dan apel.