Kamis, 08 November 2018 19:11 WITA

Ditantang Makan Siput, Remaja ini Lumpuh, Lalu Meninggal

Editor: Suriawati
Ditantang Makan Siput, Remaja ini Lumpuh, Lalu Meninggal
Sam Ballard

RAKYATKU.COM - Seorang remaja Australia meninggal akibat menjawab tantangan dari seorang teman untuk makan siput. 

Titik balik dalam kehidupan Sam Ballard dimulai pada tahun 2010, ketika dia dan teman-temannya sedang minum-minum bersama. Tiba-tiba seekor siput melintas di depan mereka.

Pada saat itu, seorang teman menantangnya untuk memakannya. Tanpa pikir panjang, Sam meraih makhluk berlendir itu lalu menelannya.

Dia tidak tahu bahwa siput mengandung cacing mematikan. Itu membuatnya koma selama lebih dari setahun, melumpuhkan tubuhnya dan akhirnya merenggut nyawanya.

Ibu Sam, Katie Ballard mengatakan bahwa setelah putranya menenggak siput, dia menjadi lemah dan mengeluh sakit di kakinya.

Dokter mengatakan kepada mereka bahwa Sam telah mengembangkan penyakit rat lungworm dari siput yang terinfeksi.

Ditantang Makan Siput, Remaja ini Lumpuh, Lalu MeninggalSegera setelah diagnosis, Sam mengalami koma, di mana ia bertahan selama 420 hari. Tak lama kemudian, dia menjadi lumpuh, tidak bisa makan tanpa tabung atau bergerak tanpa usaha keras. Dia membutuhkan perawatan 24 jam, tujuh hari seminggu.

Tapi penyakit itu tidak mempengaruhi kemampuan mentalnya, kata keluarga dan teman-temannya.

"Aku minta maaf kepada Sam tentang semua yang terjadi malam itu di halaman belakang. Dan dia baru saja mulai menangis. Aku tahu dia ada di sana," kata seorang temannya yang minum bersamanya malam itu.

Akhir minggu lalu, Sam meninggal. Layanan pemakamannya diadakan pada hari Kamis.

Apa itu penyakit rat lungworm?
Penyakit tikus rat lungworm disebabkan oleh cacing parasit yang disebut agiostronjilus cantonensis. Seperti namanya, parasit itu masuk ke paru-paru tikus dan kemudian dibuang dalam kotoran.

Kotoran itu kemudian dimakan oleh siput, dan parasit masuk ke dalam makhluk yang memakannya.

Manusia dapat terinfeksi jika mereka memakan hewan mentah yang terkontaminasi atau yang belum matang.