Kamis, 08 November 2018 14:51 WITA

Butuh 16 Tahun untuk Memulihkan Jantung Mantan Perokok

Editor: Suriawati
Butuh 16 Tahun untuk Memulihkan Jantung Mantan Perokok
Foto: EPA

RAKYATKU.COM - Penelitian baru menemukan bahwa seorang mantan perokok harus menunggu 15 tahun untuk memulihkan jantungnya.

Dalam studinya, peneliti di Vanderbilt University Medical Center menganalisis data 8.700 dari Framingham Heart Study. Data itu mulai dikumpulkan pada 1948 dan berlanjut hingga 1975.

Tim peneliti mengkategorikan 'perokok berat' sebagai orang yang merokok setara dengan satu bungkus sehari selama 20 tahun.

Hasil analisa menunjukkan bahwa mereka yang berhenti merokok selama lima tahun akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 38 persen.

Tapi untuk mengembalikan kondisi jantung ke tingkat normal (terbebas dari nikotin, tembakau, dan segudang bahan kimia lain dalam rokok) dibutuhkan waktu 16 tahun.

"Bagi orang yang telah merokok selama bertahun-tahun, mungkin ada perubahan di jantung dan paru-paru yang tidak sepenuhnya normal," kata peneliti, Meredith Duncan.

"Apa yang perlu diingat adalah bahwa risiko serangan jantung dan bentuk penyakit kardiovaskular yang sebenarnya menurun, dan ini adalah temuan utama dari penelitian kami saat ini."

Laporan ini akan dipresentasikan minggu depan di konferensi American Heart Association.

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, yang disebabkan oleh obesitas, stres, kurang olahraga, dan diet yang buruk, termasuk rokok