Rabu, 07 November 2018 19:58 WITA

Sering Dehidrasi? Mungkin Jam Tidur Anda Penyebabnya

Editor: Suriawati
Sering Dehidrasi? Mungkin Jam Tidur Anda Penyebabnya
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang dewasa yang tidur hanya enam jam per malam, lebih mungkin mengalami dehidrasi.

Dalam studinya, para peneliti mempelajari bagaimana tidur mempengaruhi status hidrasi dan risiko dehidrasi di AS dan dewasa Cina.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang dewasa yang hanya tidur enam jam, 6-59 persen lebih mungkin mengalami kekurangan cairan, dibandingkan dengan orang dewasa yang tidur delapan jam secara teratur di malam hari.

Penyebabnya terkait dengan cara sistem hormonal tubuh mengatur hidrasi. Hormon yang disebut vasopressin dilepaskan untuk membantu mengatur status hidrasi tubuh. Ini dilepaskan sepanjang hari, serta selama jam tidur malam, yang menjadi fokus para peneliti untuk studi ini.

"Vasopresin dilepaskan lebih cepat dan lambat dalam siklus tidur," kata penulis penelitian, Asher Rosinger.

"Jadi, jika Anda bangun lebih awal, Anda mungkin kehilangan waktu di mana lebih banyak hormon dilepaskan, sehingga menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh."

Berdasarkan temuan ini, Rosinger mengatakan bahwa jika Anda tidak cukup tidur, dan Anda merasa lelah saat bangun pagi maka perbanyak lah minum air.

Dehidrasi dapat mempengaruhi banyak sistem dan fungsi tubuh, termasuk kognisi, suasana hati, kinerja fisik, dan lain-lain. Dalam jangka panjang, kondisi itu dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal SLEEP.