Selasa, 06 November 2018 22:24 WITA

Terbukti Secara Ilmiah: Kasih Ibu Membuat Anak-anak Lebih Sehat

Editor: Suriawati
Terbukti Secara Ilmiah: Kasih Ibu Membuat Anak-anak Lebih Sehat
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang memiliki ibu penyayang lebih sehat dan kurang berisiko mengalami depresi.

Peneliti ini dilakukan oleh para ahli dari Michigan State University. Mereka menemukan bahwa tumbuh di rumah yang penuh kasih dapat mengurangi stres dan mendorong seseorang untuk hidup lebih baik.

Dalam studinya, para peneliti menganalisis data lebih dari 22.000 orang dari National Survey of Midlife Development di Amerika Serikat, dan Health and Retirement Study.

Studi pertama melibatkan orang dewasa pertengahan 40-an selama 18 tahun, sedangkan penelitian kedua melibatkan berusia 50 atau lebih selama enam tahun.

Dalam kedua penelitian, para peserta ditanya bagaimana orang tua mereka memahami masalah mereka sebagai anak-anak, serta seberapa banyak kasih sayang yang mereka berikan dan apa yang mereka ajarkan tentang dunia.

Para peserta juga ditanyai apakah mereka telah didiagnosis hingga 27 kondisi, termasuk penyakit tiroid, diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Gejala depresi dinilai dengan menanyakan apakah mereka mengalami kehilangan minat dalam hal-hal, energi rendah, nafsu makan yang buruk, insomnia, konsentrasi berkurang, kesedihan dan pikiran tentang kematian, dalam dua minggu terakhir.

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang ingat menerima kasih sayang tingkat tinggi dari ibu mereka lebih sehat dan cenderung tidak depresi.

Memiliki ayah yang suportif dan penuh kasih juga mengurangi risiko gejala depresi.

"Hasil ini mungkin mencerminkan keadaan budaya yang lebih luas karena ibu kemungkinan besar adalah pengasuh utama," kata penulis utama Dr William Chopik.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Health Psychology.