Selasa, 06 November 2018 13:29 WITA

Ini yang Terjadi Jika Anda Mengonsumsi Basil

Editor: Suriawati
Ini yang Terjadi Jika Anda Mengonsumsi Basil
INT

RAKYATKU.COM - Basil adalah salah satu bumbu yang sangat populer di dunia kuliner. Ini memiliki bau dan aroma yang kuat, serta sedikit rasa manis.

Selain digunakan dalam keadaan segar, basil kering juga banyak tersedia. Namun jenis ini memiliki rasa yang sedikit berbeda, yaitu kurang manis namun memiliki rasa lada yang jauh lebih kuat.

Selain manfaatnya sebagai bumbu dapur, basil juga memiliki manfaat obat.

Fakta nutrisi basil
Satu porsi (2 sendok makan) basil segar ini hanya mengandung 1 kalori. Ini memiliki 0,2 gram protein, 0,1 gram karbohidrat, 0,1 gram serat  dan 16 gram potasium yang mengesankan.

Basil juga mengandung 5% dari vitamin A harian yang direkomendasikan, 1% dari kebutuhan kalsium harian Anda, dan 1% dari kebutuhan harian zat besi Anda.

Manfaat basil untuk kesehatan
Selama berabad-abad, basil telah dianggap sebagai obat alami yang penting di India. Berikut manfaat basil untuk kesehatan:

1. Agen antimikroba
Basil memiliki sifat antimikroba, dan telah terbukti memiliki efek kuat dalam menghambat pertumbuhan bakteri seperti Ecoli dan kolera.

2. Agen anti-inflamasi
Eugenol dalam basil berperan dalam mengurangi peradangan dan pembengkakan, bertindak sebagai peredam nyeri dan menyembuhkan demam.

3. Menjaga kesehatan jantung
Basil dapat menjaga kesehatan kardiovaskular karena tingginya tingkat beta-karoten di dalamnya. Itu adalah antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Ini juga mencegah radikal bebas mengoksidasi kolesterol dalam aliran darah.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Ramuan ini adalah sumber magnesium yang baik, yang meningkatkan aliran darah dan dapat membantu mengatasi masalah tidur, dan membuat waktu istirahat Anda lebih berkualitas.

5. Menurunkan kadar gula darah
Penelitian juga menunjukkan bahwa basil kaya akan sifat antioksidan, yang membantu menurunkan kadar gula darah dan mengelola diabetes.

6. Mencegah kanker
Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa ramuan itu memiliki potensi untuk mencegah kanker, berkat berbagai macam phytochemical dan bahan aktif lainnya.

7. Mengurangi stres
Kemangi dianggap mengurangi kadar kortisol, yang dapat membantu orang-orang yang menderita depresi kronis atau stres.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kombinasi bahan kimia antioksidan dengan manfaat antibakteri membuat kemangi sangat baik untuk kesehatan kulit.

Ini bisa membantu mencegah jerawat dan membuat kulit Anda tampak lebih muda. Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Perhatian:  Penting untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mengkonsumsi ramuan ini, terutama bagi mereka yang mengalami tekanan darah rendah atau gangguan pendarahan.

Basil juga tidak dianjurkan dalam dosis tinggi untuk anak-anak, selama kehamilan, atau untuk wanita yang sedang menyusui.