Selasa, 06 November 2018 11:27 WITA

Jangan Makan Ketumbar dalam Kondisi Begini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jangan Makan Ketumbar dalam Kondisi Begini

RAKYATKU.COM - Salah satu bumbu rempah yang paling sering ditemui di dapur-dapur masyarakat Indonesia adalah ketumbar. Selain bisa membuat rasa masakan menjadi lebih lezat, ketumbar juga disebut-sebut bisa memberikan manfaat kesehatan.

Sebagai contoh, ketumbar dianggap mampu menurunkan kolesterol, berat badan, dan baik bagi kesehatan mata. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari ketumbar. Mereka adalah yang mengalami masalah kesehatan hati.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan ketumbar dengan berlebihan ternyata bisa memicu datangnya penyakit hati. Sebenarnya, kandungan di dalam biji ketumbar bisa membantu proses pengobatan penyakit ini, namun, jika digunakan dengan berlebihan bisa memicu sekresi empedu yang membahayakan. Hal ini akan berlanjut menjadi masalah kesehatan hati yang tentu akan berimbas buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika kita sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sakit perut, ada baiknya kita juga menghindari konsumsi ketumbar untuk sementara demi membantu proses penyembuhan masalah kesehatan tersebut. Selain itu, orang dengan kondisi hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah juga sebaiknya menghindarinya demi membantu mengembalikan kadar gula darah menjadi normal kembali.

Mengingat penderita diabetes rentan terkena masalah hipoglikemia, ada baiknya mereka rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah sebelum mengonsumsi ketumbar sebagai bumbu makanan atau obat. Selain itu, mereka juga harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan rempah ini.

Dilansir Doktersehat, bagi sebagian orang, ketumbar bisa menyebabkan datangnya reaksi alergi dengan gejala seperti munculnya ruam-ruam pada kulit, gatal-gatal atau pembengkakan pada wajah, kepala pusing, hingga kesulitan untuk bernapas.

Sebagaimana kita ketahui, jika kita sampai mengalami alergi pada sebuah benda atau makanan, ada baiknya kita menghindarinya. Hal ini berarti, mereka yang menderita alergi pada ketumbar mau tidak mau tidak lagi mengonsumsinya.

Selain yang menderita alergi, mereka yang mengalami masalah kulit sensitif ternyata juga sebaiknya menghindari ketumbar terlebih dahulu karena dikhawatirkan bisa membuat kondisi kulit semakin parah. Selain itu, mereka yang mengalami gangguan pernapasan yang disertai dengan gejala nyeri dada, penyempitan tenggorokan, atau tenggorokan kering juga sebaiknya menghindarinya.