Senin, 05 November 2018 11:49 WITA

Fakta Nutrisi dan Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Fakta Nutrisi dan Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan
Lengkeng

RAKYATKU.COM - Lengkeng adalah buah yang tampak seperti berry atau anggur dan rasanya agak berair dan manis.

Bukan hanya rasanya yang enak, tapi buah ini juga banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional di Asia, berkat profil nutrisinya yang unik.

Fakta nutrisi lengkeng
Lengkeng sangat rendah kalori. Setiap satu ons hanya mengandung kurang dari 20 kalori. Jumlah karbohidrat dalam buah ini juga tergolong rendah, sehingga baik bagi mereka yang diet ketogenik.

Selain itu, lengkeng merupakan sumber kalium dan vitamin C, serta tembaga, magnesium, fosfor, dan mangan, serta banyak vitamin B, termasuk asam folat.

Buah ini juga mengandung antioksidan tertentu seperti corilagin, asam galat, dan asam ellagic yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat lengkeng untuk kesehatan
Mari kita lihat beberapa manfaat kesehatan lengkeng:

1. Bagus untuk kulit
Vitamin C yang hadir dalam lengkeng sangat penting untuk sintesis kolagen, yang menjaga kulit tetap kuat dan sehat.

Buah ini memberikan perlindungan antioksidan terhadap radiasi ultraviolet dan membersihkan stres oksidatif di sistem Anda.

Dalam pengobatan tradisional Cina, sup lengkeng adalah resep yang telah teruji oleh waktu yang dikenal untuk menambah kilau dan kekenyalan pada kulit. 

2. Anti penuaan
Lengkeng dapat membantu menghilangkan kerutan, bintik-bintik usia, serta noda dan bekas luka. Buah ini juga mengandung vitamin B dan C serta antioksidan, yang memiliki sifat anti-penuaan.

3. Meningkatkan libido
Sejak jaman dahulu kala, lengkeng telah digunakan untuk meningkatkan sensualitas, serta membantu meningkatkan energi dan mencegah kelelahan. 

4. Mencegah kecemasan
Lengkeng kering memiliki efek menenangkan dan digunakan untuk mengobati kecemasan dan insomnia.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak lengkeng memiliki aktivitas ansiolitik, yang memperpanjang waktu tidur pada manusia.

5. Menurunkan berat badan
Karena jumlah kalorinya yang sangat rendah, lengkeng sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Anda bisa memakan sebanyak mungkin buah-buahan ini tanpa takut menimbun kalori.

6. Meningkatkan energi
Dalam pengobatan tradisional Cina, lengkeng diyakini dapat membantu menyeimbangkan Qi, yang dapat meningkatkan tingkat energi, mencegah penyakit kronis, mengurangi pusing dan meningkatkan metabolisme.