Senin, 05 November 2018 01:30 WITA

10 Cara yang Bisa Dilakukan Demi Tingkatkan Gairah Seksual Wanita

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Cara yang Bisa Dilakukan Demi Tingkatkan Gairah Seksual Wanita

RAKYATKU.COM - Gairah seksual merupakan salah satu faktor penting dalam keharmonisan hubungan suami-istri. Sayangnya, wanita sering kali mengalami penurunan gairah sex yang disebabkan berbagai faktor. Kurangnya dorongan seksual wanita tentunya dapat menyebabkan hubungan yang seharusnya intim, menjadi kurang ‘panas’.

Penyebab Menurunnya Gairah Seksual Wanita

Sebelum mengetahui cara menaikkan nafsu wanita, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu penyebab penurunan gairah seksual pada wanita. Penurunan gairah sex dapat dirasakan oleh pria maupun wanita. Kendati demikian, gairah seksual wanita dianggap lebih mudah naik turun karena wanita dianggap lebih moody atau emosional daripada pria.

Penyebab menurunnya dorongan seksual wanita bermacam-macam, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kurangnya ikatan emosional

Kurangnya ikatan emosional dengan pasangan bisa menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya dorongan seksual wanita. Kondisi seperti sedang bertengkar atau kurangnya komunikasi yang baik dengan pasangan bisa membuat nafsu wanita untuk melakukan aktivitas seksual jauh berkurang.

2. Faktor hormonal

Faktor menurunnya gairah seksual yang kedua merupakan faktor yang sulit untuk dilawan. Perubahan hormon bisa terjadi pada beberapa kondisi seperti saat wanita hamil, menyusui, dan saat menopouse. Efek perubahan hormon pada setiap orang berbeda, tapi kondisi ini umumnya membuat libido wanita berkurang.

3. Faktor psikologis

Faktor psikologis juga berpengaruh pada besarnya hasrat seksual wanita. Ketika wanita sedangang mengamali stres, trauma, dan depresi, maka gairah seksual wanita dapat berkurang drastis atau bahkan hilang sama sekali.

4. Kondisi fisik

Kondisi fisik merupakan salah satu faktor terbesar penyebab menurunnya dorongan seksual wanita. Ada banyak sekali faktor berkaitan dengan kondisi fisik yang berpengaruh pada penurunan hasrat seksual wanita. Adanya gangangguan seksual atau non-seksual, gaya hidup kurang sehat, efek samping pengobatan, dan konsidi tubuh lelah umumnya dapat membuat hasrat seksual wanita menurun.

Cara Meningkatkan Gairah Seksual Wanita

Jika hasrat seksual wanita sudah menurun, tentunya hubungan intim dengan pasangan akan menjadi kurang menyenangkan. Bahkan beberapa wanita akan dengan tegas menolak berhubungan ketika sedang merasa tidak memiliki hasrat seksual.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada banyak sekali cara menaikkan nafsu wanita yang bisa Anda coba untuk mengembalikan gairah sex Anda atau pasangan Anda. Berikut adalah 10 di antaranya!

1. Membangun keintiman melalui pemanasan

Salah satu cara menaikkan nafsu wanita adalah dengan melalukan pemanasan atau foreplay. Aktivitas seksual yang terlalu terburu-buru biasanya tidak disukai oleh wanita sehingga butuh waktu untuk meningkatkan hasrat seksual wanita sebelum menuju ke hubungan yang lebih intim.

2. Bereksperimen dalam seks

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dorongan seksual wanita adalah dengan cara bereksperimen dalam aktivitas seksual. Selain melakukan foreplay, mencoba berbagai macam posisi seks yang sebelumnya belum pernah dicoba juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan gairah sex Anda dan pasangan.

Dilansir laman Doktersehat, tidak ada salahnya juga untuk menceritakan fantasi seks yang Anda miliki kepada pasangan Anda. Jika hal tersebut tidak berbahaya, Anda juga bisa mengajak pasangan untuk merealisasikannya.

3. Konsumsi makanan penambah gairah seksual

Cara untuk meningkatkan hasrat seksual yang ketiga adalah dengan konsumsi makanan penambah gairah seksual. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu faktor menurunnya gairah seksual wanita adalah karena pola hidup yang kurang sehat. Memerhatikan asupan makanan merupakan hal yang sangat penting.

Jika Anda merasa gairah sex sedang turun, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis makan yang dipercaya dapat meningkatkan libido seperti cokelat, ikan, sayuran hijau, makanan laut, hingga makanan pedas.

4. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin juga merupakan salah satu cara meningkatkan hasrat seksual wanita. Olahraga juga dipercaya dapat membantu menngkatkan sensitivitas wanita terhadap rangsangan. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa melakukan hubungan intim setelah berolahraga bersama merupakan pilihan yang sangat tepat.

Setelah olahraga, terjadi peningkatan hormon, termasuk juga hormon yang dapat meningkatkan gairah seksual. Selain itu alirah darah juga meningkat sehingga membuat tubuh menjadi semakin peka terhadap rangsangan seksual. Aroma alami yang dikeluarkan oleh pria setelah berolahraga juga dipercaya dapar meningkatkan hasrat seksual wanita.

5. Mengatur pola tidur

Jika Anda mengalami gangguan tidur, jangan menganggapnya sepele. Pola tidur yang tidak terartur dapat menyebabkan berbagai masalah tubuh, menurunnya gairah sex adalah salah satunya. Sebaiknya cari tahu penyebab kesulitan tidur yang Anda alami untuk mengatasinya. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda coba adalah olahraga ringan sebelum tidur untuk membantu relaksasi tubuh.

6. Akupuntur

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional dengan metode menusukkan jarum-jarum ke tubuh yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akupuntur secara rutin pada beberapa titik tubuh yang tepat juga bisa dilakukan untuk meningkatkan hasrat seksual wanita.

7. Kenali titik sensitif pasangan Anda

Terdapat beberapa titik yang dianggap merupakan titik sensitif pada tubuh wanita seperti punggung bagian bawah, dada, paha bagian dalam, leher, perut, dan pergelangan kaki. Titik paling sensitif dari setiap wanita mungkin berbeda-beda. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui titik sensitif pasangan Anda agar dapat mengetahui di mana rangsangan yang dapat membangkitkan gairah sex harus diberikan.

8. Melakukan kegiatan ekstrim bersama

Melakukan kegiatan ekstrim yang memacu adrenalin juga dipercaya dapat meningkatkan hasrat seksual wanita. Kegiatan yang ‘menantang’ dapat meningkatkan detak jantung, sistem saraf, dan aliran darah seseorang sehingga gairah seksual wanita dan pria juga dapat meningkat.

9. Meditasi

Meditasi ternyata juga bisa meningkatkan fungsi seksual wanita. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Sex & Marital Therapy menyatakan bahwa wanita yang memelakukan meditasi secara rutin maka fungsi dan hasrat seksualnya akan lebih baik. Wanita yang melakukan meditasi juga dipercaya dapat mencapai orgasme dengan lebih baik dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah melakukan meditasi.

10. Bangun komunikasi dengan pasangan

Cara menaikkan nafsu wanita yang terakhir adalah dengan membangun komunikasi yang lebih baik dengan pasangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kurangnya kedekatan emosional dengan pasangan bisa membuat hasrat seksual wanita menurun.

Jika Anda merasa gairah sex Anda atau pasangan menurun, sebaiknya komunikasikan dengan baik untuk kemudian mencari solusinya bersama-sama. Jangan biarkan komunikasi yang kurang baik menimbulkan kesalahpahaman yang dapat merusak hubungan Anda dan pasangan.

Tags