Senin, 05 November 2018 07:00 WITA

Penyebab Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Penyebab Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Wajah bagai kilang minyak ketika saat bangun tidur kerap menjadi masalah. Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa wajah berminyak saat bangun tidur, salah satunya adalah kondisi hormon. 

Kadar hormon yang meningkat di malam hari akan merangsang kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak lebih banyak. Apalagi jika kamu sedang stres, menstruasi, atau cuaca lembap, maka produksi minyak akan meningkat. 

Pasalnya, menurut seorang pakar dermatologist bernama Josua Ziechner, cuaca hangat dan lembap akan membuat produksi minyak meningkat.  Hal ini juga berlaku ketika menstruasi.

Kondisi lainnya adalah terlalu 'lebay' membersihkan wajah. Saking penginnya wajah kinclong, beberapa orang malah terlalu sering membersihkan wajahnya. Padahal hal itu memicu wajah menjadi berminyak.

Loading...

Hal ini terjadi karena mencuci wajah akan membuang minyak di kulit. Sementara itu kelenjar minyak akan mendeteksi bahwa kulit kekurangan minyak sehingga produksi minyak meningkat.

Dilansir laman Himedik, hal tersebut juga berlaku jika kondisi kulit terlalu kering. Semalaman kelenjar minyak akan memproduksi minyak supaya kulit tidak makin kering.

Jadi, tak perlu khawatir kalau bangun tidur wajah berminyak. Itu wajar kok. Untuk pencegahannya kamu cukup hindari hal-hal yang menjadi pemicunya.

Loading...
Loading...