Minggu, 04 November 2018 06:00 WITA

Terserang Flu? Makanan ini Dapat Meredakannya

Editor: Eka Nugraha
Terserang Flu? Makanan ini Dapat Meredakannya

RAKYATKU.COM -- Mulai merasa demam, tenggorokan gatal, dan hidung mulai berair? Tidak perlu langsung mencari obat-obatan. Masih ada obat flu alami untuk mengatasinya.

Hasil penelitian menyebutkan ada beberapa makanan yang bisa menjadi obat flu alami meredakan flu dan pilek dalam sekejap. Tentu saja, tidak sembarang makanan. Pilihlah makanan yang bisa meningkatkan data tahan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat meredakan flu yang menyerang.

1. Bawang putih

Bawang putih terkenal sebagai bahan makanan yang mengandung antioksidan. Makanan ini juga memiliki zat antivirus. Dengan demikian, bawang putih bisa dijadikan salah satu bahan untuk meredakan flu. Jika tidak suka dengan bawang mentah, anda bisa mencampurkannya dengan bahan makanan lain.

Solusi lain untuk mencegah flu dengan bawang putih mengonsumsi satu siung bawang setiap harinya. Mengonsumsi bawang putih akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

2. Madu

Madu adalah salah satu yang bisa digunakan sebagai obat flu alami. Madu dikenal dapat melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi pada tenggorokan Anda.

Madu bahkan bisa lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Madu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Ada banyak cara untuk mengonsumsi madu agar lebih nyaman. Bisa dicampurkan dengan teh, susu atau bisa juga dengan air biasa.

3. Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam ternyata bisa menjadi salah satu obat flu yang cepat. Sup ayam dapat meredakan peradangan pada hidung dan tenggorokan yang menjadi biang flu. Tidak hanya itu, sup ayam dapat membuat tubuh Anda menjadi hanyat dan mencairkan lendir pada hidung.

Penambahan mi dan sayur akan membuat sup ini mujarab. Kandungan karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup.

4. Jeruk dan Tomat

Jeruk dan Tomat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Buah-buahan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cepat. Mengonsumsi jeruk dan tomat akan bisa meredakan flu yang menyerang tubuh Anda secepat mungkin.

Mengonsumsi jeruk dan tomat ini tidak hanya jika Anda terserang flu saja. Sebisa mungkin, mengonsumsi jeruk dan tomat sebagai upaya pencegahan sebelum flu benar-benar menyerang Anda. Oleh karena itu, penuhi menu Anda dengan makanan yang kaya akan vitamin C.

5. Daging tanpa lemak

Zat besi yang ada pada daging juga penting untuk ketahanan tubuh. Cara yang paling efisien untuk mempertahankan tingkat zat besi adalah dengan mengonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak juga mengandung zinc, mineral lain yang baik untuk mencegah infeksi.

Oleh karena jika mulai tersarang flu, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak. Bisa juga daging unggas, ikan atau kerang. Makanan ini bisa membantu Anda untuk melawan kuman.

Itulah makanan yang dapat menjadi obat flu alami. Makanan ini bisa menjadi bahan konsumsi Anda setiap hari sebagai pencegahan atau obat jika Anda tiba-tiba terserang flu.