Rabu, 31 Oktober 2018 10:29 WITA

Kenali Penyebab dan Gejala Bekas Jerawat!

Editor: Suriawati
Kenali Penyebab dan Gejala Bekas Jerawat!
INT

RAKYATKU.COM - Bekas jerawat merupakan masalah kulit yang sangat ditakuti. Ini bisa berupa bekas hiperpigmentasi gelap, hingga bintik-bintik merah.

Apa itu Jerawat?
Pada dasarnya, jerawat mengacu pada komedo, whitehead, dan benjolan merah muda yang muncul pada kulit. Ini bisanya disebabkan oleh pori-pori tersumbat, dan kontak dengan debu, udara yang tercemar, keringat, atau air kotor.

Jerawat biasanya muncul di wajah, tapi area seperti kaki, pantat, bahu, dada, dan punggung juga bisa menjadi area yang ditumbuhi jerawat.

Bahkan setelah jerawat pergi, masalah tidak selesai begitu saja, karena bekasnya harus diurus.

Penyebab bekas jerawat
Ada sejumlah hal yang bertanggung jawab atas bekas jerawat. Ahli dermatologi memiliki teori berbeda atas kemunculannya. Berikut beberapa alasan munculnya bekas jerawat:

1. Minyak pada Kulit
Terlalu banyak minyak menyulitkan kulit untuk bernapas, sehingga memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan bekas luka.

Loading...

2. Akumulasi bakteri
Tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh adalah sekitar akar rambut. Hal ini menghasilkan lesi berwarna merah dan kuning pada area yang rawan jerawat.

3. Sel kulit mati
Kelenjar minyak yang ada di dalam kulit Anda mengeluarkan sebum. Proses ini membantu melicinkan kulit Anda. Ketika kelenjar minyak ini mengeluarkan terlalu banyak sebum, itu menghasilkan akumulasi sel-sel kulit mati, yang menyebabkan jaringan parut jerawat.

4. Genetika
Genetika juga memainkan peran penting dalam munculnya bekas jerawat. Mereka yang memiliki orang tua yang menjalani cobaan yang sama, lebih cenderung akan memiliki bekas jerawat.

4. Memencet
Hal lain yang dapat menyebabkan bekas jerawat adalah memencet jerawat.

Gejala bekas jerawat
Berikut ini adalah tanda-tanda umum bekas jerawat.

  • Jerawat besar: Ini adalah yang paling umum dan memiliki nanah di dalamnya. Itu juga disebut pustula.
  • Bintik-bintik gelap: Setelah jerawat sembuh, ia meninggalkan bintik-bintik berpigmen yang merupakan bentuk bekas luka.
Tags
Loading...
Loading...