Selasa, 30 Oktober 2018 09:07 WITA

Lupa Minum Air Setelah Makan, Berbahayakah?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lupa Minum Air Setelah Makan, Berbahayakah?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Terkadang, setelah makan kita lupa minum air hingga waktu yang cukup lama. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kesibukan yang kita lakukan. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita sampai lupa minum setelah makan?

Pakar kesehatan menyebutkan, minum air putih setelah makan sangatlah penting bagi kelancaran saluran pencernaan. Dengan minum air, maka saluran pencernaan menjadi lebih licin sehingga makanan akan lebih mudah melalui saluran pencernaan. Hal ini akan berperan besar bagi proses pencernaan dan metabolisme tubuh.

Dilansir Doktersehat, jika kita sampai lupa untuk minum air setelah makan, hal ini sebenarnya tidak akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, jika kita memang terbiasa untuk tidak minum dalam waktu yang lama, besar kemungkinan kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Jika sampai hal ini terjadi, kita tak hanya akan mengalami rasa haus, melainkan juga rasa lelah yang berlebihan, gangguan konsentrasi, dan terganggunya berbagai fungsi tubuh. Dalam beberapa kasus dehidrasi yang cukup ekstrim, penderitanya bisa saja kehilangan kesadaran atau mengalami kejang-kejang.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita mencukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari. Air putih ini bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan dan di waktu-waktu lainnya. Selain dari air putih, ada baiknya kita juga memenuhi kebutuhan air putih dari buah-buahan segar yang kaya kandungan air seperti semangka.

Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka kita pun akan membantu fungsi ginjal, membuat otot tetap memiliki energi, menjaga kesehatan persendian, menjaga suhu tubuh tetap normal, menjaga kesehatan saraf tulang belakang, membantu sistem metabolisme berjalan dengan lancar, dan menyehatkan kulit.

Hanya saja, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak langsung minum setelah makan. Tunggulah sekitar 30 menit setelah makan dan barulah kita bisa minum air putih demi mencegah datangnya masalah perut kembung. Sebelum makan, ada baiknya kita meminum sedikit air putih demi melumasi proses pencernaan.

Jika kita langsung minum setelah makan, apalagi jka air yang dikonsumsi cukup banyak, dikhawatirkan enzim di dalam lambung akan mengalami gangguan fungsi yang berimbas pada gangguan pencernaan.