Kamis, 25 Oktober 2018 00:30 WITA

Lemas Usia Berhubungan Intim? Ini Makanan yang Efektif Kembalikan Stamina

Editor: Abu Asyraf
Lemas Usia Berhubungan Intim? Ini Makanan yang Efektif Kembalikan Stamina
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Berhubungan intim dengan pasangan adalah pekerjaan yang melelahkan. Betapa tidak, rata-rata pria membakar 100 kalori selama aktivitas berlangsung. Lalu, bagaimana mengembalikannya?

Dikutip dari laman Men’s Health, pembakaran kalori tergantung ragam faktor, termasuk berat badan dan seberapa kuat kita saat di ranjang. Pada 2013, para ilmuwan di Universitas Montreal berusaha menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual mengenakan pelacak kebugaran SenseWear selama mereka “bercinta”.  

Mereka juga diminta berlari di treadmill selama 30 menit untuk membandingkan “sexercise” mereka dengan olahraga yang sebenarnya. 

Hasilnya, seperti yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, rata-rata pria membakar 100 kalori selama berhubungan seks, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori.  Para peneliti memerkirakan, pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori. 

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar pria selama berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori. Kendati demikian, aktivitas ini masih bisa dilakukan sebagai penyeimbang latihan di gym. 

Durasi rata-rata pasangan dalam studi ini melakukan hubungan seks sekitar 25 menit, sehingga dapat diasumsikan, semakin lama sesi bercinta, semakin banyak kalori yang dapat dibakar.  

Tapi, sebelum terlalu bersemangat dengan potensi pembakaran kalori, studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 menyimpulkan sebaliknya, di mana hubungan seks tidak terlalu berefek seperti olahraga. 

Diterbitkan di New England Journal of Medicine, studi ini bertujuan untuk menepis beberapa mitos terkait penurunan berat badan, seperti seks dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori.  

Para ilmuwan dalam studi ini menggunakan penelitian 1984 yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, yang menemukan rata-rata lama seks hanya berlangsung selama enam menit.  

Meski demikian, aktivitas seksual tetaplah melelahkan. Namun, tentu Anda tidak mau merasa lemas setelah berhubungan seksual, bukan? Karena itu, sebaiknya Anda mengganti tenaga yang sudah digunakan untuk berhubungan seksual dengan makanan.

loading...

Makanan-makanan tertentu dapat mengganti energi Anda dengan cepat. Dilansir dari Fitness Republic, berikut makanan terbaik untuk mengganti energi Anda setelah melakukan hubungan seksual:

1. Susu cokelat

Sekalipun memiliki intoleransi laktosa, Anda mungkin tetap menikmati minuman ini. Susu cokelat tidak hanya enak, tetapi juga sumber protein dan karbohidrat yang baik. Susu cokelat juga dapat memberikan hidrasi untuk tubuh setelah berhubungan seksual.

Sebuah studi juga membuktikan bahwa rasio karbohidrat dan protein pada susu cokelat sangat sempurna untuk pemulihan otot setelah berolahraga. Susu cokelat memberikan glikogen, sodium, dan cairan yang juga bermanfaat bagi tubuh.

2. Greek yogurt

Bagi penyuka Greek yogurt, makanan ini sangat mudah dan enak dimakan setelah melakukan hubungan seksual. Mengandung banyak lemak baik dan protein, Greek yogurt sangat baik untuk pemulihan otot. Tambahkan buah untuk menambah vitamin dan nutrisinya. 

3. Apel dan keju

Makanan ini dapat memberikan energi dari kandungan karbohidrat dan proteinnya. Apel mengandung gula dan karbohidrat yang memuaskan rasa lapar. Sedangkan Keju dapat mempercepat pemulihan otot dengan kandungan proteinnya yang tinggi.
 

Tags
Loading...
Loading...